Muflikhah, Ana (2022) Analisis gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas iv di sdn 2 bangsri selama ptm terbatas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah kelas IV di SDN 2 Bangsri, 2) pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca siswa kelas IV di SDN 2 Bangsri. Minat baca pada warga negara Indonesia tergolong rendah, sehingga Kemendikbud mengeluarkan Gerakan Literasi Sekolah. Tetapi saat ini pemerintah sedang menerapkan PTM terbatas sebab masih adanya kasus Covid-19. Dengan keterbatasan waktu tersebut GLS belum bisa berjalan dengan lancar sebab guru lebih mengutamakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 2 Bangsri selama PTM terbatas tetap melaksankan GLS namun pelaksanaan kurang maksimal seperti dilakukan hanya 10 menit dan menggunakan buku tema secara terus menerus. Kurang maksimalnya pelaksanaan GLS ini berpengaruh pada rendahnya minat baca siswa. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya saat pelaksanaan GLS menggunakan berbagai macam buku, megaktifkan kembali pojok baca dan menyusun jadwal kunjungan ke perpustakaan agar siswa memiliki antusias yang tinggi untuk berkunjung ke perpustakaan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.F.Shoufika Hilyana,S.Si.,M.Pd Dosen Pembimbing :2.Ika Oktavianti,M.Pd |
Kata Kunci: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:43 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17201 |
Actions (login required)
View Item |