Penerapan model problem based learning berbantuan diorama bulusan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 kelas iv sd 4 hadipolo

Lestari, Santi (2022) Penerapan model problem based learning berbantuan diorama bulusan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 kelas iv sd 4 hadipolo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menganalisa peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan keterampilan melalui model Problem Based Learning berbantuan diorama bulusan pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPA dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 4 Hadipolo tahun pelajaran 2021/2022. Model Pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berbasis masalah guna mengasah keterampilan siswa dalam mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi. Hasil belajar adalah perubahan sikap dan tingkah laku yang dicapai melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ini dibantu dengan media Diorama Bulusan. Diorama Bulusan adalah suatu objek tiruan berbentukk tiga dimensi yang berisi materi IPA dan Bahasa Indonesia pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku serta berisi suatu kearifan lokal khas Kota Kudus yaitu Bulusan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 4 Hadipolo yang berjumlah 25 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan media Diorama Bulusan. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu (1) Hasil belajar aspek pengetahuan prasiklus muatan IPA 62,4 meningkat 70,8 pada siklus I dan 81,7 pada siklus II. Pada muatan Bahasa Indonesia prasiklus 68,2 menjadi 74,6 pada siklus I dan 84,2 pada siklus II. (2) Hasil observasi aspek keterampilan siswa prasiklus 63,6 menjadi 74,64 pada siklus I meningkat 85,03 pada siklus II. (3) Hasil observasi keterampilan mengajar guru prasiklus 63 meningkat 75,5 pada siklus I dan 88,7 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas IV SD 4 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan diorama bulusan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema 7 kelas IV SD 4 Hadipolo. Peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning dapat diterapkan dengan bantuan media dalam pembelajaran sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing : 1.Siti Masfusah, M.Pd Dosen pembimbing : 2.Ika Oktavianti S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning, Media Diorama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 19:50
Last Modified: 13 Dec 2022 19:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17202

Actions (login required)

View Item View Item