Nilai karakter bersahabat dalam permainan tradisional bentengan pada anak usia sekolah dasar di sanggar dolanan tradisional desa pagerharjo kecamatan wedarijaksa kabupaten pati

Nur, Meyrna Putri (2022) Nilai karakter bersahabat dalam permainan tradisional bentengan pada anak usia sekolah dasar di sanggar dolanan tradisional desa pagerharjo kecamatan wedarijaksa kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pesatnya kemajuan teknologi membuat permainan modern semakin marak dimainkan oleh anak-anak yang dapat merusak karakter bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan tradisional Bentengan yang dimainkan anak usia sekolah dasar di Sanggar Dolanan Tradisional Desa Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati dan mendeskripsikan nilai karakter bersahabat yang terdapat dalam permainan tradisional Bentengan. Nilai karakter bersahabat merupakan tindakan seseorang yang akrab, senang bergaul dan terbuka terhadap orang lain. Permainan tradisional Bentengan merupakan jenis permainan tradisional yang dimainkan anak-anak secara berkelompok dengan jumlah 8-16 orang dimana membutuhkan ketangkasan, kecepatan berlari dan strategi untuk mempertahankan benteng serta merebut benteng lawan agar mendapatkan kemenangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif naratif. Subjek dalam penelitian ini yaitu delapan anak usia sekolah dasar dan pemilik Sanggar Dolanan Tradisional. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan langkah permainan Bentengan yang dimainkan oleh anak-anak di Sanggar Dolanan Tradisional sesuai dengan langkah permainan Bentengan dalam teori yaitu 1) Membagi dua kelompok sama besar, 2) Menentukan benteng masing-masing kelompok, 3) Pemain saling menyerbu benteng lawan, 4) Pemain yang tersentuh ditahan di penjara lawan, dan 5) Pemain dinyatakan menang jika menyentuh benteng lawan. Nilai bersahabat atau komunikatif terdapat dalam aktivitas ketika memainkan permainan Bentengan. Saran yang diberikan yaitu hendaknya orang turut membentuk karakter anak sejak dini dengan cara mengajarkan anak agar tetap bermain permainan tradisional Bentengan. Selain itu, anak sebaiknya memiliki kesadaraan jika dengan bermain Bentengan dapat membentuk karakter diri kelak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing : 2. Siti Masfu’ah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Karakter Bersahabat, Permainan Tradisional Bentengan, Anak Usia Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 19:58
Last Modified: 13 Dec 2022 19:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17204

Actions (login required)

View Item View Item