AYUNINGRUM, YUNIAR SETIYA (2022) Analisis pendidikan karakter peduli lingkungan Pada siswa kelas v tema 8 “lingkungan sahabat kita” Di sd 2 sadang kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (548kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (552kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Upaya menjalankan indikator peduli lingkungan di sekolah dasar, karakter peduli lingkungan dapat diintegrasikan dalam pembelajaran tematik, khususnya pada kelas V tema 8 “lingkungan sahabat kita” yang didalamnya memuat spesifikasi materi untuk melestarikan lingkungan sebagai sahabat manusia di bumi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter peduli lingkungan dalam materi dan karakter yang telah terintegrasi pada pembelajaran tema 8. Pada buku tematik tema 8 “lingkungan sahabat kita” terdapat beberapa karakter peduli lingkungan pada materi IPA, Bahasa Indonesia, dan SBdP. Sehingga pengintegrasian karakter peduli lingkungan pada tema 8 adalah dengan menghubungkan SK dan KD dengan indikator peduli lingkungan, serta dengan memasukkan nilai karakter peduli lingkungan pada RPP dan silabus ke dalam materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Sadang Kudus dengan subjek penelitian 10 siswa beserta guru kelasnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya untuk keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan metode content analisis pada buku tematik kelas V tema 8 “lingkungan sahabat kita” lalu dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan pada materi tema 8 “lingkungan sahabat kita” memuat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, kebersihan lingkungan dan hemat energi. Dalam mengintegrasikan materi pada tema tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang efektif pada guru kelas V SD 2 Sadang, yang diimbangi dengan penguasaan materi pada siswanya terutama pada karakter peduli lingkungan. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa pengintegrasian karakter peduli lingkungan materi tema 8 “lingkungan sahabat kita” pada siswa kelas V SD 2 Sadang telah berjalan sesuai materi pada tema 8 “lingkungan sahabat kita” yakni sesuai karakter peduli lingkungan yang diharapkan pada indikator menjaga kelestarian lingkungan, kebersihan lingkungan dan hemat energi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. F. Shoufika Hilyana. S.Si., M.Pd |
Kata Kunci: | Karakter peduli lingkungan, Tema 8 “lingkungan sahabat kita”. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 20:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 20:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17205 |
Actions (login required)
View Item |