Analisis strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas 5 di sdn gajah 02

ROHANDINI, FITRIA (2022) Analisis strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas 5 di sdn gajah 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas 5 di SDN Gajah 02, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Strategi guru adalah upaya yang dilakukan seorang guru dalam melakukan suatu hal pembelajaran agar dapat menimbulkan ketertarikan, minat dan perhatian siswa demi tercapainya tujuan. Sedangkan Literasi adalah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk memahami atau mengerti, mengolah, serta menggunakan informasi yang diterima untuk berbagai keadaan. Selama pembelajaran daring dirumah, isi kegiatan pembelajaran hanya berfokus terhadap pemberian materi dan pengerjaan tugas. Kegiatan-kegiatan sebelumnya yang dilakukan di sekolah seperti kegiatan literasi, belum dilakukan saat pembelajaran daring. Kasus yang sama terjadi di SDN Gajah 02, kebiasaan literasi siswa kelas V sudah mulai luntur karena siswa jarang melakukan kegiatan literasi saat pembelajaran daring dirumah. Kurangnya pengawasan dan sedikitnya reverensi buku bacaan menjadi penyebab hilangnya kebiasaan literasi siswa. Untuk itu, perlunya pembaharuan pada kegiatan siswa saat pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas ini dipemberlakukan dengan menerapkan strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini akan di laksanakan di SDN Gajah 02, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, dengan mengambil subjek guru dan siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Dan analisis data kualitatif deskriptif merupakan analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas V di SDN Gajah 02 di bagi menjadi tiga tahapan yakni terdapat lima strategi yang diterapkan pada tahapan pembiasaan yang bertujuan untuk membiasakan siswa membaca dan menulis, pada tahapan pengembangan terdapat tiga strategi yang diterapkan Ibu WK yang bertujuan mberikan dorongan agar siswa memiliki gairah atau minat dan semangat untuk melakukan kegiatan membaca kapanpun dan dimanapun, dan pada tahapan pembelajaran strategi yang di gunakan Ibu WK yakni dengan memberi semangat ke siswa agar bisa mengikuti lomba literasi. Kemudian terdapat pula kekurangan dan kelebihan strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi siswa kelas V di SDN Gajah 02. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu strategi atau pola pembelajaran yang diterapkan guru untuk menumbuhkan kemampuan literasi siswa terdapat Sembilan tahapan. Dari kesembilan tahapan tersebut sudah dianalisis keefektifannya dan dapat dijadikan rekomendasi bagi guru kelas yang ingin menumbuhkan kemampuan literasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr.Sri Utaminingsih,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Lintang Kronoratri,M.Pd
Kata Kunci: Strategi guru, Kemampuan Literasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:08
Last Modified: 13 Dec 2022 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17206

Actions (login required)

View Item View Item