Hubungan kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas v sd

NAJIKHAH, AINUN (2022) Hubungan kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas v sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua saling mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh kedisiplinan bersifat tidak sementara, tetapi akan dibawa sampai kapanpun. Orang tua juga harus mendukung siswa dengan melakukan pendekatan dan menanamkan kedisiplinan dalam diri siswa. Orang tua dapat memotivasi siswa agar senantiasa belajar di rumah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sumanding Kec. Kembang Kab. Jepara. Disiplin adalah unsur yang sangat penting bagi keberhasilan prestasi akademik siswa. Disiplin di sekolah memainkan peran penting dalam pencapaian harapan dan tujuan pembelajaran. Sedangkan perhatian orang tua diartikan sebagai kesadaran orang tua untuk memperdulikan anaknya, baik dalam membimbing anak, mendidik, dan memenuhi kebutuhan anaknya. Kegiatan bimbingan belajar dilakukan untuk membantu anak yang mengalami masalah didalam memasuki proses belajar dan situasi belajar yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa sekolah dasar yang kemudian dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji liniearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi (R), uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sesuai dengan hasil uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Berdasarkan perhitungan yang telah disebutkan Nilai Fhitung > Ftabel yaitu 21,175 > 3,493 dengan taraf signifikansi 0,000 maka Ho ditolak. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan yang positif antara kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar. Semakin baik kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua, semakin baik pula prestasi belajar. Berkaitan dengan prestasi belajar siswa, orang tua dapat memperhatikan kedisiplinan saat di rumah. Karena waktu di rumah lebih banyak dibandingkan waktu yang dimiliki siswa di sekolah. Orang tua harus menerapkan dan mengajarkan kedisiplinan di rumah, dan menciptakan kesadaran kepada anaknya bahwa kedisiplinan sangat penting. Dengan adanya kesadaran kedisiplinan dapat terbetuk yaitu dengan pembiasaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr.Erik Aditia Ismaya ,S.Pd.,M.A. Dosen Pembimbing 2.Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Kedisiplin siswa, Perhatian orang tua, dan Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:18
Last Modified: 13 Dec 2022 20:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item View Item