Peran pendidik dalam memotivasi belajar peserta didik kelas v sdn daren 1

AFLAH, MOCHAMMAD NOOR (2022) Peran pendidik dalam memotivasi belajar peserta didik kelas v sdn daren 1. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran pendidik sebagai motivasi belajar peserta didik. Pada dunia pendidikan motivasi diperlukan agar peserta didik semangat dalam proses pembelajaran di SDN Daren 1 yang berada di Desa Daren, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Motivasi belajar setiap peserta didik tidaklah sama, latar belakang peserta didik juga bisa mempengaruhi motivasi per individu. Pendidik memiliki peran agar peserta didiknya bisa termotivasi dalam belajar. Peneliti ingin mengetahui peran pendidik (1) bersifat terbuka, (2) membantu peserta didik, (3) menciptakan hubungan yang serasi, (4) menanamkan kepada peserta didik mengenai belajar, (5) sikap aktif dari peserta didik Penelitian kualitatif ini dilaksanakan pada kelas V SDN Daren 1 dengan jumlah peserta didik 16 di konversi menjadi 6 peserta didik untuk diteliti lebih lanjut. Pemilihan subjek 6 peserta didik berdasarkan diskusi dengan pendidik yang mengajar. Peneliti melakukan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang nantinya menjadi hasil penelitian. Hasil penelitian peran pendidik dalam memotivasi belajar peserta didik kelas V SDN Daren 1 menunjukkan (1) sikap peserta didik berubah menjadi termotivasi ketika dibantu oleh pendidik dan teman, (2) peran pendidik dalam memotivasi belajar peserta didik kelas V SDN Daren 1 dinyatakan sangat baik, berhasil. Sesuai dengan indikator yang dimodifikasi oleh peneliti untuk mendapatkan data dan menjadi kesimpulan. Pembelajaran akan berjalan dengan baik jika ada hubungan yang baik antara pendidik dengan peserta didik, faktor lain meliputi teman, keluarga, dan lingkungan. Pendidik selalu berperan dalam memotivasi belajar bisa dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, bisa berupa bermain atau dengan praktek. Diharapkan pembelajaran akan semakin baik dan memotivasi peserta didik untuk belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Ika Ari Pratiwi,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Dr.Etik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A.
Kata Kunci: Motivasi, peran, belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:29
Last Modified: 13 Dec 2022 20:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17210

Actions (login required)

View Item View Item