Pengembangan media pubadjo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar kelas iv

SONIDA, ELSE QONAAH (2022) Pengembangan media pubadjo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang permasalahan pembelajaran matematika, antara lain: sekolah tidak menyediakan media pembelajaran matematika, guru belum pernah membuat media pembelajaran yang menjelaskan tentang materi pembelajaran matematika terkait materi bangun datar, kesulitan siswa dalam memahami rumus serta mengerjakan soal materi luas dan keliling bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media, mengetahui kelayakan media dan mengetahui kepraktisan media media Pubadjo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV. Konsep pengembangan model mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yaitu model pengembangan Research and Development (R&D). Media merupakan suatu alat atau sejenisnya yang dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Pemahaman adalah kemampuan menjelaskan suatu dengan kata-kata yang berbeda dan dapat menginterpretasikan atau menarik kesimpulan dari tabel, data, grafik, dan sebagainya. Penjelaskan konsep adalah suatu abstraksi mental yang mewakili satu kelas stimulus. Bangun datar merupakan suatu bangun yang rata yang mempunyai dua dimensi yaitu panjang dan lebar. Penelitian pengembangan ini akan dilaksanakan di SDN 3 Wates Undaan dengan sampel 6 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 6 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal awal, (4) pengujian lapangan awal, (5) revisi utama produk (6) uji lapangan utama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis validasi kelayakan media dan kepraktisan media pubadjo Hasil penelitin menunjukan pengembangan media terbuat dari kayu triplek yang dipotong dengan bingkai yang berbentuk persegi, yang didalam nya terdapat potongsn-totongan triplek yang dibentuk seperti bangun. Kepingan-kepingan puzzle tersebut memiliki gambar dan warna pada masing-masing bagian yang dimana gambar tersebut terbuat dari bahan stiker. Media pubadjo memiliki kriteria kelayakan oleh alhi materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 80%. Bardasarkan hasil perhitungan media pubadjo dikatakan praktis dengan hasil penilaian guru sebesar 75% dan siswa sebesar 83%. Penelitian pengembangan media Pubadjo dapat meningkatkan kemampuan konsep matematis siswa SD. Media pubadjo ini perlu dikembangkan lebih lanjut diharapkan dari pihak sekolah dapat menjadikan media ini sebagai salah satu referensi dalam menyediakan alat bantu dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Ika Oktavianti,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Himmatul Ulya,M.Pd
Kata Kunci: Media Pubadjo. Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:38
Last Modified: 13 Dec 2022 20:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item