Motivasi belajar peserta didik kelas 5 pasca pembelajaran daring di sdn 1 menawan

MAHATAMA, DIKLA VINDI (2022) Motivasi belajar peserta didik kelas 5 pasca pembelajaran daring di sdn 1 menawan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh melalui jaringan dengan memanfaatkan gadget dengan banyak cara. Pembelajaran harus beradaptasi dengan membutuhkan perencanaan yang matang. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik di kelas 5 pasca pembelajaran daring. Pada dunia pendidikan pentingnya motivasi diperlukan agar peserta didik semangat dalam mengikuti proses pembelajaran di SDN 1 Menawan yang berada di Desa Menawan, kecamatan Gebog, kabupaten Kudus. Mengubah pembelajaran tatap muka ke pembelajaran berbasis online melalui jaringan dengan memanfaatkan gadget membuat kondisi motivasi belajar peserta didik yang harus diperhatikan. Peserta didik yang bermotivasi tinggi dalam belajar akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi, maka hasil yang didapat juga akan lebih tinggi dan sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran akan berlangsung efektif apabila peserta didik memiliki motivasi dalam belajar. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan pada kelas 5 di SDN 1 Menawan dengan subjek 27 peserta didik yang diseleksi menjadi menjadi 4 peserta didik dengan kriteria. Peserta didik yang paling pintar dan paling kurang, peserta didik yang aktif dan pasif. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik di SD 1 Menawan cukup tinggi saat pembelajaran di kelas dan rendah saat pembelajaran daring. faktor internal menyebabkan kurangya motivasi pada peserta didik saat pembelajaran daring dan masih terbawa saat pembelajaran dikelas. Faktor eksternal penyesuaian kembali pembelajaran dikelas yang sebelumnya terlalu lama belajar dirumah. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Motivasi peserta didik pasca pembelajaran daring pada umumnya sudah mulai kembali seperti semula, karena peserta didik dapat kembali berinteraksi dengan teman disekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Khamdun, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Much Arsyad Fardani, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:46
Last Modified: 13 Dec 2022 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item