PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SDN 2 KUANYAR

AMALIA, NOVA (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SDN 2 KUANYAR. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB  1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SDN 2 Kuanyar, diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik belum maksimal dikarena penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar tematik sebelum dan sesudah menggunakan metode hypnoteaching serta peningkatan motivasi belajar tematik setelah menggunakan metode hypnoteaching. Metode hypnoteaching merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan sugesti-sugesti positif dengan memadukan pikiran sadar dan bawah sadar siswa agar dapat memposisikan siswa dalam keadaan belajar tanpa tekanan (enjoy). Motivasi belajar adalah daya penggerak yang mendorong sesorang untuk melakukan suatu aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Kuanyar yang berjumlah 29 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumbulan data meliputi wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji validitas. Metode kolmogrov-smirnov untuk menguji normalitas data dan uji-t dua sampel dependent (paired-simples t-test) dan N-Gain untuk menguji hipotesis. Hasil uji-t dua sampel dependent (paired-simples t-test) menunjukkan bahwa nilai sig (0,000) < 0,005 maka H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar tematik sebelum dan sesudah menggunakan metode hypnoteaching. Hasil N-Gain sebesar 0,6385 dalam kategori sedang dengan besar peningkatan sebesar 27,5% pada kategori tinggi dengan jumlah 8 siswa, 72,4% pada kategori sedang dengan jumlah 21 siswa, dan pada kategori rendah dengan prosentase 0%. Simpulan penelitian ini adalah metode hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar tematik siswa. Saran untuk guru diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dianna Ermawati,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.M.Syafruddin Kuryanto.S.Si.,M.Or
Kata Kunci: hypnoteaching; motivasi belajar; tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 20:58
Last Modified: 13 Dec 2022 20:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item View Item