Pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter mandiri anak selama pembelajaran Tatap muka terbatas

SA’ADAH, KHOTIMATUS (2022) Pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter mandiri anak selama pembelajaran Tatap muka terbatas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Sa’adah, K. 2022. Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Anak Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Dr. Nur Fajrie, S.Pd.,M.Pd. (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui bentuk karakter mandiri anak kelas IV SDN Banyuurip 02; (2) untuk mengetahui penerapan pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap terhadap karakter mandiri anak kelas IV SDN Banyuurip 02; dan (3) mengetahui dampak penerapan pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap terhadap karakter mandiri anak kelas IV SDN Banyuurip 02. Pola asuh orangtua merupakan hubungan interaksi orangtua terhadap anak dalam memberikan pengasuhan, yaitu bagaiman orang tua dalam memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan anak yang dilakukan secara konsisten sejak anak lahir hingga remaja dan membentuk perilaku sesuai dengan norma dan nilai yang baik sesuai dengan kehidupan masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap orangtua siswa kelas yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan; (1) bentuk karakter mandiri anak; Bentuk karakter mandiri anak kelas V SD Banyuurip 2 adalah; (a) tidak bergantung pada orang lain; (b) memiliki rasa percaya diri; (c) berperilaku disiplin; (d) memiliki rasa tanggung jawab; (e)berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri; (f) memiliki kontrol diri; (2) penerapan pola asuh orangtua; (a) pola asuh demokratis, (b) pola asuh otoriter; dan (c) pola asuh permisif dan (3) dampak penerapan pola asuh orangtua; (a) pola asuh demokratis, pada umumnya orang tua demokratis menunjukan ekpresi penuh cinta dan tanggap kepada anak-anaknya; (b) pola asuh otoriter, menciptakan perasaan yang cemas, takut, minder dan rasa kurang menghargai serta kurang percaya diri pada anak, mudah tersinggung, penakut, pemurung, dan mudah terpengaruh.; dan (c) pola asuh permisif, pola ini akan membentuk pribadi anak yang kurang baik dampak negatifnya adalah anak cenderung tidak ulet dalam usaha mencapai sesuatu, cepat meninggalkan tugas yang sulit, lebih banyak menuntut pemuasan segera tanpa usaha yang sungguh-sungguh. Kesimpulan daari penelitian ini adalah terkait bentuk karakter mandiri anak di SD Banyuurip 2 serta pola asuh yang diterapkan oleh orangtua.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A.
Kata Kunci: Kemandirian Anak, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pola Asuh.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 21:08
Last Modified: 13 Dec 2022 21:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item