Analisis kesulitan belajar siswa dan peran orangtua dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid19

ERLINA, WINDI (2022) Analisis kesulitan belajar siswa dan peran orangtua dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid19. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembelajaran daring di Desa Grogolan tepatnya siswa SD Grogolan 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Kendala-kendala yang ditemui siswa dan orangtua pembelajaran tatap muka terbatas adalah komunikasi dan kaloborasi dengan peseta didik kurang luas dan terbatas waktu. Pertemuan muka dibatasi dan dalam pengawasan yang ketat, Selain itu adanya pembatasan juga membuat materi yang diberikan tidak bisa secara penuh sehingga membuat siswa sulit untuk menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dengan adanya kendala yang ditemui ini membutuhkan adanya kerjasama antara guru, murid, serta orang tua agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini berawal dari permasalahan di era pandemi covid-19. Pembelajaran tatap muka terbatas menjadi salah satu alternatif supaya pembelajaran tetap berlangsung meskipun pandemi covid-19 masih melanda. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas adalah peran orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Jadi penelitiain ini akan membahas tentang kesulitan belajar siswa dan perang orangtua dalam pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Desa Grogolan difokuskan kepada siswa kelas V SD Grogolan 01 yang berjumlah 3 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini ada 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaannya dengan pembelajaran tatap muka maksimal 50% dengan sistem shift yang dikombinasikan dengan pembelajaran daring. Kesulitan belajar siswa saat pelaksanaan PTM terbatas bervariasi diantaranya prestasi belajar siswa yang rendah, siswa belum menguasai materi yang disampaikan oleh guru secara maksimal, hasil siswa tidak sesuai dengan usaha yang dilakukan, siswa kurang menunjukkan kepribadian baik. Peran orang tua saat pelaksanaan PTM terbatas juga bervariasi diantaranya orang tua menjadi pembimbing anak, orang tua mendidik anak, orang tua memberikan motivasi kepada anak, dan orang tua sebagai fasilitator. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan orang tua memberikan bimbingan yang lebih mendalam bagi anak serta menempatkan diri sebagai fasilitator anak dalam PTM terbatas dan guru hendaknya menyeimbangkan antara pembelajaran tatap muka dan daring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Wawan Shokib Rondli,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Himmatul Ulya,M.Pd.
Kata Kunci: Keaulitan belajar, Peran orangtua, Pembelajaran tatap muka terbatas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 21:18
Last Modified: 13 Dec 2022 21:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item