NAJAH, NAWALLIN (2022) Analisis verbal bullying terhadap hasil belajar siswa Kelas iv sdn 2 mayonglor kabupaten jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (595kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (206kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis verbal bullying dalam hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor dan menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi serta dampak verbal bullying terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mayong lor. Verbal bullying merupakan seseorang yang mendapatkan perundungan verbal atau penyimpangan dari kata-kata seperti ejekan, mencemooh, dan lain sebagainya mungkin saja mengalami gangguan mental atau cemas, dan juga berpengaruh pada hasil Belajar siswa dikelas. Maka dari itu peneliti ingin meneliti permasalahan Kasus Verbal Bullying ini yang terjadi disekolahan terhadap hasil belajar siswa. Hasil Belajar siswa merupakan sesuatu yang penting didalam proses pembelajaran dikelas. Karena dengan mengetahui hasil belajar siswa menjadi tolak ukur guru tingkat prestasi yang telah dipahami siswa dalam mata pelajaran yang ada dikelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN 2 Mayonglor. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah milik milk miles dan huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk dari verbal bullying yang didapatkan oleh siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor berbeda-beda bentk verbal bullying yang ada yaitu menghina, mengejek, mengolok-olok,menghasut, menjuluki. Faktor yang mempengaruhi anak menjadi korban bulllying adalah faktor keluarga, faktor teman sebaya dan faktor media. Dampak verbal bullying terhadap kelas IV yaitu adanya penurunan prestasi akademik dari korban yang dilihat peneliti dari nilai rapot dari keempat korban tersebut. Verbal bullying yang ada disekolah yang dapat menghambat perkembangan dari siswa didalam lingkungan sekolah korban merasa rendah diri, merasa merasa takut dalam diri korban, merasa tidak nyaman di diri korban, turunnya prestasi akademik sehingga menjadi penyebab turunnya semangat belajar siswa dan bersosialisasi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bentuk dari verbal bullying dan faktor yang mempengaruhi anak melakukan verbal bullying bisa berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas IV karena semakin tinggi verbal bullying terjadi semakin rendah hasil belajarnya begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Dosen Pembimbing 2. M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or |
Kata Kunci: | Verbal Bullying, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 21:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 21:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17221 |
Actions (login required)
View Item |