Nilai toleransi pada film semesta Karya chairun nissa

Sa’diyah, Kamilatus (2022) Nilai toleransi pada film semesta Karya chairun nissa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai toleransi dalam film semesta karya Chairun Nissa di SD 2 Rejosari Kudus. Manfaat penelitian untuk membantu siswa di tingkat sekolah dasar untuk mengetahui apa saja toleransi yang baik dan mampu menerapkannya di lingkungan masyarakat. Toleransi ialah sikap kesadaran seseorang dalam menghargai dan menghormati perbedaan antar sesama manusia dalam rangka membangun kehidupan bersama dan hubungan sosial yang lebih baik. Pembelajaran terhadap nilai-nilai toleransi sangat penting dalam rangka pengembangan potensi anak dengan perbedaan dan dapat menerapkanya dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui penggunaan film dapat digunakan sebagai media dalam menerapakan nilai toleransi dan pengimplementasian pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD 2 Rejosari Kudus. Obyek yang diteliti adalah nilai-nilai toleransi dalam film pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, dimana guru kelas V sebagai fasilitator dan subjek penelitian adalah informan siswa kelas V yang terdiri 6 siswa 3 laki-laki dan 3 perempuan. Analisis data yang digukan teknik analisis wacana memfokuskan dalam dua elemen yaitu pertama, pada level kata dan kedua, bagaimana peristiwa dan aktor-aktor yang terlibat dalam sebuah peristiwa hendak dibahasakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Rejosari Kudus, dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk-bentuk nilai toleransi dalam film semesta karya Chairun Nissa terdapat bentuk-bentuk toleransi dalam film semesta karya Chairun Nissa yaitu adanya penghormatan bagi umat hindu yang melaksanakan nyepi, menghargai warisan budaya ritual gawai, dan menghargai dan menyayangi antar makhluk hidup. Kedua, implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran Tematik di SD 2 Rejosari melalui Film Semesta sudah diterapkan dana sudah dilaksanakan yaitu mengenalkan keanekaragaman Indonesia, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran sesuai dengan keyakinan masing-masing, melakukan piket bersama secara bergiliran, mendengarkan orang lain ketika berbicara tanpa memotong pembicaraan, dan menghargai hak pribadi orang lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai toleransi dalam film semesta karya Chairun Nissa dan dapat di implementasikan dalam pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing :1.Dr. Khamdun, S.Pd, M.Pd. Dosen pembimbing :2.Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Toleransi, Film,Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:04
Last Modified: 14 Dec 2022 18:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item