PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD N 2 RENDENG

ALFIYANINGTIAS, DEVY (2022) PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD N 2 RENDENG. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Setiap individu memiliki perbedaan masing-masing, perbedaan pada individu dapat mengakibatkan kasus perundungan atau pembulian. Kasus perundungan banyak dialami oleh anak usia sekolah dasar. Kasus ini mengalami peningkatan sebanyak 8,3% dari tahun 2019 sampai akhir tahun 2021, hal ini sesuai dengan data dari KPAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang budaya sekolah yang sudah ada di SD N 2 Rendeng, untuk menemukan tentang bentuk-bentuk penguatan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD N 2 Rendeng, serta untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penguatan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD N 2 Rendeng. Toleransi merupakan sikap saling menghormati atau saling menghargai baik antar individu maupun kelompok. Budaya sekolah merupakan tradisi, keyakinan dan norma-norma di dalam sekolah yang dapat dibentuk, diperkuat, dan dipelihara oleh semua pihak yang terlibat. Budaya sekolah tersusun atas 3 kelompok kecil yaitu budaya guru, budaya siswa dan budaya lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan indicator pedoman observasi dan pedoman wawancara. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi tenik, sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan keimpulan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa budaya sekolah berperan penting dalam penguatan karakter toleransi di SD N 2 Rendeng, selain itu juga budaya sekolah yang sudah diterapkan meliputi kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokulikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Bentuk-bentuk penguatan karakter toleransi melalui cara pembiasaan. keterlibatan berbagai pihak, branding sekolah dan pendampingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penguatan karakter toleransi ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini hendaknya guru lebih mendukung dan mengoptimalkan kegiatan budaya sekolah baik dari segi sarana dan prasarana maupun dari tenaga pengajar. Selain itu bagi peserta didik sebaiknya mengikuti kegiatan budaya sekolah dengan sungguh-sungguh dan tidak terlambat dalam mengikuti semua kegiatan budaya sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Ika Ari Pratiwi,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.F.Shoufika Hilyana,S.Si.,M.Pd
Kata Kunci: Toleransi, Budaya Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:08
Last Modified: 14 Dec 2022 20:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item View Item