Eran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa dalam bperinteraksi sosial di sdn 2 mayonglor

PERDANA, AGUNG ARYA (2022) Eran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa dalam bperinteraksi sosial di sdn 2 mayonglor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah siswa yang kurang sopan saat berinteraksi sosial di lingkungan sekolah. Guru berperan mendidik dan mengarahkan siswa dengan memberikan edukasi bersikap sopan santun dalam materi pembelajaran. Sehingga dilakukan penelitian tentang peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa dalam berinteraksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk sikap sopan santun siswa dalam berinteraksi sosial dan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa. Peran guru dalam pembelajaran tidak hanya sebagai pengajar saja, melainkan sebagai orang tua siswa di sekolah yang tugasnya mendidik dan mengarahkan siswa agar tidak hanya kecerdasannya yang diasah, tetapi juga mengajarkan sikap sopan santun yang baik dan benar kepada guru, orang tua, teman sebaya, dan lawan jenis. Interaksi sosial merupakan komunikasi antara orang perorangan atau kelompok dengan kelompok lain yang memiliki tujuan tertentu. Di lingkungan sekolah, peserta didik harus berinteraksi sosial dengan baik kepada guru untuk menghormatinya dan kepada orang disekitar sekolah agar dapat dihargai sebagai seseorang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Mayonglor Jepara dengan informan guru kelas 2 dan kelas 4 serta siswa kelas 2 dan 4 yang masing-masing 2 siswa sebagai subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data naratif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 2 Mayonglor dapat disimpulkan bahwa siswa yang diteliti sudah memiliki sikap sopan dalam berperilaku dengan tersenyum saat bertemu dengan guru dan menyapa guru seta sudah bisa berbicara dengan bahasa yang lebih sopan dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa krama sedikit-sedikit setelah selalu diberikan pendidikan dan arahan tentang sikap sopan santun dalam berperilaku dan berbicara dari guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Ika Ari Pratiwi,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Much Arsyad Fardani,M.Pd.
Kata Kunci: peran guru, sikap sopan santun siswa, interaksi sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:17
Last Modified: 14 Dec 2022 18:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item