Pengaruh penggunaan modul “aksi sekolah” terhadap kemampuan literasi baca tulis peserta didik kelas iv sdn 1 cepu

UTAMI, PUTRI RIZKI (2022) Pengaruh penggunaan modul “aksi sekolah” terhadap kemampuan literasi baca tulis peserta didik kelas iv sdn 1 cepu. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Literasi baca tulis merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Berdasarkan hasil skor AKSI / INAP tahun 2016 menggambarkan capaian kemapuan membaca peserta didik jenjang sekolah dasar, yaitu 46,83 % dengan kategori kurang. Asesmen Kompetensi Dasar (AKM) merupakan salah satu penilaian kognitif peserta didik meliputi literasi dan numerasi. Rendahnya kemampuan literasi manghambat pencapaian tujuan pembelajaran, maka dari itu harus ada inovasi dan pemanfaatan sumber belajar yang mendukung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul “Aksi Sekolah” terhadap literasi baca tulis peserta didik kelas IV SDN 1 Cepu dan mengetahui ada tidaknya peningkatan literasi baca tulis peserta didik kelas IV SDN 1 Cepu. Modul “Aksi Sekolah” merupakan modul pembelajaran berbasis literasi dan numerasi dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang Kemendikbud. Namun pemanfaatannya belum optimal di sekolah. Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada kompetensi dasar dalam penyederhaan kurikulum. Literasi baca tulis merupakan kemampuan individu untuk memahami isi teks, bacaan maupun informasi sebagai pengetahuan dan pengembangan potensi diri, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive sampling. Analisis hipotesis menggunakan uji T dan Uji N Gain. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji T diperoleh taraf signifikansi 2 tailed adalah 0,012, arinya 0,012 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dan Uji N Gain diperoleh rata–rata N-gain skor untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,29 termasuk dalam kategori rendah. Sementara untuk rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan literasi peserta didik yaitu, waktu, adaptasi atau kesiapan peserta didik, konsentrasi, antusias, dan motivasi peserta didik dalam belajar. Dapat disimpulkan penggunaan modul “Aksi Sekolah” membawa pengaruh nyata dengan hasil uji T diperoleh taraf signifikansi 2 tailed adalah 0,012. Penggunaan Modul dapat meningkatkan literasi baca tulis peserta didik SDN 1 Cepu dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Lintang Kironoratri,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Much Arsyad Fardani,M.Pd
Kata Kunci: Modul, Aksi Sekolah, Literasi Baca Tulis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:41
Last Modified: 14 Dec 2022 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17234

Actions (login required)

View Item View Item