Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas iv ditinjau dari gender di sd n galiran

RACHMA, DHETA MELIANA (2022) Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas iv ditinjau dari gender di sd n galiran. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penalaran merupakan aspek dasar dalam mempelajari matematika, dengan penalaran dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan dalam memecahkan masalah dan berpikir secara luas. Penalaran pula termasuk kedalam aspek dari literasi matematika dengan kata lain penalaran matematis. Dimana penalaran matematis masih belum maksimal dan masih cenderung rendah pada siswa sekolah dasar, yang selama ini terdampak kegiatan pembelajaran dimasa pandemi. Masalah penelitian ini merupakan Bagaimana tingkat kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender dan adakah hubungan antara perbedaan gender dan tingkat penalaran matematis siswa kelas IV di SD N Galiran. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat berapa persenkah tingkat kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender serta adakah hubungannya pada kemampuan penalaran. Penalaran matematis merupakan suatu kemampuan dalam memikirkan sesuatu gagasan secara logis dan luas dalam menguraikan suatu permasalahan dengan mengaitkan kedalam matematika. Gender atau dalam Bahasa Indonesia adalah jenis kelamin merupakan suatu perbedaan yang dapat dilihat antara wanita dan pria baik dalam segi biologis ataupun perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode korelasi yang akan dilaksanakan penelitan di kelas IV SD Negeri Galiran dengan subjek penelitian 28 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini merupakan kemampuan penalaran matematis sedangkan variabel bebasnya yaitu gender. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Hasil Penelitian melalui dengan pengujian dalam analisis yaitu tingkat kemampuan siswa laki-laki lebih rendah dengan siswa perempuan kelas IV di SDN Galiran dengan tingkat sebesar 42,79% siswa laki-laki dan 57,20% siswa perempuan. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dengan gender siswa yang hubungannya sebesar 0,142 atau 14,2%. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa tingkat penalaran siswa laki-laki lebih rendah dibandingkan siswa perempuan kelas IV SDN Galiran, serta terdapat hubungan antara tingkat kemampuan penalaran matematis dengan gender siswa. Dengan itu, kepada guru hendaknya lebih memperhatikan kemampuan penalaran matematis siswa tanpa memandang gender, siswa laki-laki dan perempuan diperlakukan sama agar penalaran matematis siswa dapat terlihat dan lebih berkembang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Sekar Dwi Ardianti ,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Eka Zulianto,M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Gender, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:50
Last Modified: 14 Dec 2022 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item