Analisis motivasi belajar siswa sekolah dasarselama pembelajaran daring Di desa kudukeras kecamatan juwana kabupaten pati

Rohmah, Fina Fatihatur (2022) Analisis motivasi belajar siswa sekolah dasarselama pembelajaran daring Di desa kudukeras kecamatan juwana kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian 1)Menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi anak SD selama pembelajaran daring di Desa Kudukeras Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. 2) Menjelaskan strategi apa saja yang diberikan orang tua untuk motivasi belajar anak SD selama pembelajaran daring di Desa Kudukeras Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Terdapat banyak teori motivasi dan temuan penelitian yang berusahamemberikan penjelasan mengenai hubungan perilaku-hasil. Setiap teori dapatdiklasifikasikan ke dalam: (1) pendekatan isi (Content Theory ) dan (2)pendekatan proses (Process Theory) dari motivasi.Pendekatan isi berfokus pada pengidentifikasian faktor-faktor motivasiyang spesifik, faktor-faktor dalam diri seseorang yang mendorongmengarahkan, mempertahankan, dan menghentikan perilaku. Mereka berusahamenentukan kebutuhan spesifik yang memotivasi orang. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua, murid dan masyarakat Desa Kudukeras. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah 1) Faktor yang mempengaruhi motivasi anak SD selama pembelajaran daring di Desa Kudukeras Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ada 3 (tiga). Pertama, masalah kepentingan belajar, jadi tujuannya belajar itu apa dan kepentingannya untuk siapa. Kedua, sarpras meliputi ketersediaan perangkat dan koneksi internet. Ketiga, peserta didik meliputi motivasi, kebosanan, kemandirian, dan sosialisasi. 2) Strategi yang diberikan orangtua untuk motivasi belajar anak SD selama pembelajaran daring di Desa Kudukeras Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ada 4 (empat). Pertama, kordinasi orangtua kepada guru agar memberikan angka. Kedua, kompetisi persaingan. Ketiga, memberitahu hasil kepada siswa, Keempat, pemberian reward. Saran dari adanya penelitian ini berupa 1) agar orangtua selalu bisa memberikan motivasi belajar kepada anak-anaknya walaupun dalam keadaan lelah setelah pulang bekerja. 2) agar orangtua meluangkan waktu belajar bersama anaknya agar sang anak mempunyai semangat dalam belajar. 3) agar siswa lebih bisa menghargai orangtua dalam memberikan waktunya untuk mendampingi belajar.4) siswa diharapkan jangan suka mengeluh dalam belajar sendiri ataupun sedang didampingi oleh orangtua. 5) siswa agar menggunakan smartphone untuk belajar bukan hanya untuk bermain game saja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., MA Dosen Pembimbing :2.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 18:52
Last Modified: 14 Dec 2022 18:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item