MEILENI, HESTI RIZKI (2022) INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA UNDAAN TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (505kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (395kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (461kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui intensitas komunikasi orang tua dalam memotivasi belajar anak sekolah dasar di Desa Undaan Tengah. Komunikasi dalam keluarga merupakan hal esensial yang memiliki pengaruh besar pada setiap anggota keluarga. Komunikasi yang terjalin di dalam keluarga memiliki peran penting terhadap proses belajar anak. Intensitas komunikasi keluarga dimaknai sebagai komunikasi yang terjadi dalam keluarga yang dilihat dari seberapa seringnya komunikasi itu terjadi yang meliputi penyampaian pesan antar anggota keluarga. Sementara itu, motivasi belajar dapat dimaknai sebagai dorongan dari dalam diri seseorang sehingga tergerak dan semangat melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, analisis data deskriptif, dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan di Desa Undaan tengah, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Subjek dalam penelitian ini meliputi empat anak kelas V SD dan orang tua dari keempat anak tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmasibilitas. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas komunikasi orang tua dalam memotivasi belajar hasilnya dua narasumber memiliki intensitas komunikasi yang tidak baik dan motivasi belajar yang rendah mereka adalah keluarga Ibu SN dan KI. Dua narasumber memiliki intensitas komunikasi yang baik dan motivasi belajar yang tinggi adalah keluarga Ibu SA dan MA. Faktor yang mempengaruhi intensitas komunikasi berdasarkan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang berbeda yaitu keluarga ibu SN faktor pekerjaan dan sikap pendiam anak, sementara keluarga ibu KI faktor pekerjaan dan anak yang suka bermain game online. Untuk ibu SA dan ibu MA sama-sama dipengaruhi oleh pekerjaan akan tetapi walau mereka sibuk tetap menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan anaknya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Deka Setiawan,M.Pd. |
Kata Kunci: | Intensitas Komunikasi, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 19:08 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 19:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17239 |
Actions (login required)
View Item |