Analisis keterampilan proses sains siswa kelas 4 sd 03 pecangaan pada pembelajaran tatap muka

Kurniansah, Edi (2022) Analisis keterampilan proses sains siswa kelas 4 sd 03 pecangaan pada pembelajaran tatap muka. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran kini sudah dilaksanakan secara tatap muka 100% dengan mengedepankan pengembangan potensi yang berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan siswa. Juga diperlukan keseimbangan ketiga aspek tersebut sehingga tercipta peradaban yang bermartabat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Pecangaan dan menganalisis keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran tatap muka pada kelas IV SD 03 Pecangaan. keterampilan proses sains siswa adalah kemampuan siswa dalam melakukan penelitian terhadap suatu peristiwa atau fenomena alam yang terjadi di sekitar untuk membangun sebuah konsep suatu ilmu pengetahuan. Keterampilan proses sains siswa meliputi; mengamati, menafsirkan, memprediksi, melakukan percobaan, menjelaskan dan menyimpulkan. Jenis penelitian yang digunakan yakni metode pendekatan atau tipe penelitian kuantitatif, survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD 03 Pecangaan Kabupaten Jepara kelas IV A yang berjumlah 38 siswa dan siswa kelas IV B yang berjumlah 36 siswa, kemudian dilakukan teknik pengambilan sampel denga simple random sampling dan didapatkan sampel yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 38 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan instrumen penelitiannya berupa lembar wawancara dan angket dengan instrumen penelitiannya berupa lembar angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Pecangaan berjalan dengan lancar dan kondisional dan (2) keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran tatap muka pada kelas IV SDN 03 Pecangaan secara keseluruhan dihasilkan rata-rata ketercapaiannya yaitu 76% dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yakni keterampilan proses sains siswa merupakan kemampuan siswa dalam melakukan penelitian terhadap suatu peristiwa atau fenomena alam di sekitar untuk membangun sebuah konsep suatu ilmu pengetahuan. Siswa kurang bisa melakukan kegiatan yang ada dalam keterampilan proses sains. Perlu adanya peningkatan sarana prasarana demi menunjang peningkatan proses pembelajaran. Perlu adanya sikap keaktifan bagi guru maupun siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Siti Masfuah, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing :2.Mila Roysa, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, pembelajaran tatap muka, siswa sekolah dasa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 19:08
Last Modified: 14 Dec 2022 19:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item View Item