Tsaniazulfa, Rizki (2022) Strategi guru dalam mengatasi keterlambatan membaca dan menulis pada siswa kelas rendah di sdn 1 mejobo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi keterlambatan membaca dan menulis siswa kelas rendah, dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat strategi guru dalam mengatasi keterlambatan membaca dan menulis kelas rendah di SD Negeri 1 Mejobo. Dikelas rendah SD Negeri 1 Mejobo diperoleh adanya data kesulitan siswa dalam belajar membaca dan menulis siswa yang sangat rendah. Kesulitan yang dialami siswa tidak hanya susah dalam membedakan bentuk huruf saja, tetapi ketika diminta untuk membaca siswa masih mengeja perkata. Untuk itu perlunya peran guru dalam menentukan strategi dalam mengatasi keterlambatan membaca dan menulis siswa kelas rendah di SDN 1 Mejobo. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini akan di laksanakan di SDN 1 Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek guru dan siswa kelas rendah sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi. Dan analisis data kualitatif deskriptif merupakan analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi atau pola pembelajaran yang digunakan guru dalam mengatasi keterlambatan membaca dan menulis yaitu 1) mengidentifikasi kesulitan membaca dan menulis siswa, 2) memastikan siswa yang benar-benar mengalami kesulitan membaca dan menulis, 3) mengkonsultasikan masalah belajar dan mendiskusikan strategi yang tepat untuk mengatasi keterlambatan membaca dengan rekan guru, 4) memberikan bimbingan membaca bersama-sama dan memberi perintah siswa untuk menyalin bacaan, 5) mengajak siswa untuk mendengarkan dan menyimak teman yang sedang membaca dan mengajarkan siswa menulis halus, 6) mendektekan bacaan ke siswa agar belajar merangkai kalimat dan mengajarkan siswa untuk membuat karangan sederhana, dan terakhir 7) memberikan penilaian dan evaluasi terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa. Terdapat pula faktor penghambat yaitu kurangnya konsentrasi siswa dan kurangnya rasa percaya diri pada siswa. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu strategi atau pola pembelajaran yang diterapkan guru untuk mengatasi keterlambatan membaca dan menulis berisikan tujuh tahapan. Dari ketujuh tahapan tersebut sudah dianalisis dengan teori-teori terkait dan dapat dijadikan rekomendasi bagi guru kelas yang ingin mengatasi keterlambatan membaca dan menulis di kelas rendah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. Dosen Pembimbing :2.M. Syafruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or. |
Kata Kunci: | Strategi guru, Kesulitan membaca, Kesulitan menulis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 19:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 19:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17242 |
Actions (login required)
View Item |