DINAR, RI ASA (2022) Peran orang tua dalam pendampingan dan bimbingan belajar siswa sekolah dasar di era new normal. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (762kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampinga dan bimbingan belajar siswa sekolah dasar pada era new normal di desa Undaan Lor. Dengan rumusan masalah peran orang tua dalam pendampingan dan bimbinga belajar siswa sekolah dasar di era new normal dan kesulitan orang tua dalam pendampingan dan bimbingan belajar siswa sekolah dasar di desa Undaan Lor saat era new normal. Penelitian membahasa tentang peran orang tua dalam pendampingan dan bimbingan belajar siswa di desa Undaan lor saat new normal. Peran orang tua adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh orang tua terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan dalam mengasuh anak. Peran orang tua menjadi penentu keberhasilan pendidikan bagi anak. Peran orang tua dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya keterlibatan dalam mendukung aktivitas belajar. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian dilaksanakan di desa Undaan lor RT 06/02 Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak dengan mengambil enam subjek orang tua yang memiliki anak sekolah dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki pendidikan rendah serta disibukkan oleh pekerjaan kurang maksimal dalam pendampingan dan bimbingan belajar siswa di era new normal sehingga mengakibatkan banyak siswa kekurangan pendampingan dan bimbingan. Siswa pada orang tua berpendidikan tinggi dan mendapatkan pendampingan penuh oleh orang tua lebih beruntung karena tercukupi atas peran yang diberikan oleh orang tua. Sehingga berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini hendaknya pada proses pendampingan serta bimbingan diharapkan orang tua tetap terlibat di dalamnya. Peran dari orang tua merupakan hal utama yang menjadi dasar pendidikan bagi siswa. Terlaksannya peran pendampingan dan bimbingan jika timbulnya kesadaran dari orang tua.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1.Dr. Erika Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A. Dosen Pembimbing 2. Lovika Ardana Riswari,M.Pd. |
Kata Kunci: | Peran Orang Tua, Pendampingan dan Bimbingan, Era New Normal |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 19:28 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 19:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17244 |
Actions (login required)
View Item |