Apresiasi seni kerajinan monel sebagai sumber belajar di desa krian kalinyamatan jepara

Amria, Yassirly (2022) Apresiasi seni kerajinan monel sebagai sumber belajar di desa krian kalinyamatan jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk proses apresiasi seni kerajinan monel sebagai sumber belajar di Desa Krian dan mendeskripsikan hasil dari apresiasi seni kerajinan monel sebagai sumber belajar di Desa Krian. Untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan mutu pendidikan, perlu adanya sumber belajar yang berkualitas. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat mendukung proses belajar sehingga memberikan perubahan yang positif. Pada penelitian ini menggunakan sumber belajar yang dapat anak temukan dalam kehidupan kesehariannya seperti proses pembuatan kerajinan monel yang dilakukan masyarakat di Desa Krian. Kerajinan monel termasuk karya seni yang memerlukan bentuk pengapresiasian terhadap karya-karyanya. Dalam apresiasi seni dapat dikatakan berhasil bila anak mampu memahami dan menghargai kerajinan monel yang dihasilkan orang tuanya. Dengan begitu apresiasi seni oleh anak-anak terhadap kerajinan monel di Desa Krian, dapat dijadikan sumber belajar untuk mendukung proses belajar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomology sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini akan di laksanakan di Desa Krian, dengan mengambil subjek orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Dan analisis data kualitatif deskriptif merupakan analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses apresiasi seni kerajinan monel dapat dilakukan ke-empat subjek penelitian dengan baik yakni pada tahapan pengamatan dan pengenalan yang sampai pada tingkatan menggemari dan rasa takjub, kemudian pada tahapan proses penghayatan yang ketiga anak sampai pada tingkatan menikmati dan satu anak hanya sampai tingkatan empati dan simpati, serta pada tahapan proses penilaian yang sampai pada tingkatan mereaksi dan terpesona. Dari kegiatan proses pengapresian kerajinan monel terdapat berbagai macam muatan materi yang tersirat dalam proses pengapresiasian baik dari tahapan pengamatan dan pengenalan, proses menghayati dan proses penilaian ke-tiga tahap tersebut diperoleh sumber belajar pada pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP pada Kurikulum 13 di Sekolah Dasar. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu proses apresiasi seni kerajinan monel dapat dilakukan dengan baik oleh anak-anak di Desa Kriyan dan mencapai tingkatan yang memuaskan dalam mengapresiasi. Serta dari proses apresiasi seni kerajinan monel tersebut terdapat banyak materi yang tersirat yang dapat digunakan oleh anak-anak di Desa Kriyan sebagai sumber belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Apresiasi seni, Kerajinan monel, Sumber belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 19:42
Last Modified: 14 Dec 2022 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17247

Actions (login required)

View Item View Item