Meningkatkan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring melalui bimbingan kelompok dengan metode adversity quotient

MAULANA, AHMAD LUTHFI IHZA (2022) Meningkatkan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring melalui bimbingan kelompok dengan metode adversity quotient. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan diselenggarakannya penelitian ini yaitu: (1) Mendiskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan pendekatan adversity quetient dalam meningkatkan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring. (2) Mendiskripsikan peningkatan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring setelah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan pendekatan adversity quetient. Keterlibatan akademik merupakan sikap yang harus ditunjukan oleh semua siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK 1 Kudus dengan aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mengikuti arahan dari guru saat proses pembelajaran, menyelesaikan tugas yang diberikan, merasa bahagia dan semangat dalam proses pembelajaran, serta mampu mengatasi berbagai hambatan yang muncul dalam proses pembelajaran daring. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Adversity Quotient merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kecerdasannya untuk mengarahkan, mengubah cara berpikir dan tindakannya ketika menghadapi hambatan dan kesulitan yang bisa menyulitkan dirinya. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 1 Kudus pada tahun pelajaran 2022/2023. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian enam siswa kelas XI Perbankan Syariah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui perolehan skor keterlibatan akademik selama pembelajaran daring pada periode pra siklus skor rerata sebesar 38% (Sangat Kurang). Periode siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan skor rerata sebesar 56% (Kurang). Periode siklus II meningkatkan kembali dengan perolehan skor 81% (Baik). Maka hipotesis penelitian yang berbunyi: (1) Bimbingan kelompok dengan metode adversity quotient dapat meningkatkan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring, diterima karena telah mencapai dari indikator keberhasilan yang ditetapkan (minimal 68%), sedangkan peneliti memperoleh skor 77%. (2) Ada peningkatan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring setelah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode adversity quotient, diterima karena telah memenuhi dari indikator yang ditetapkan (70%), subjek penelitian memperoleh skor peningkatan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring sebesar (81%). Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode adversity quotient untuk meningkatkan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring pada siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK 1 Kudus pada siklus I diperoleh skor 49% (Kurang), di siklus II meningkatkan menjadi 77% (Baik). (2) Keterlibatan akademik selama pembelajaran daring pada siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK 1 Kudus telah mengalami peningkatan. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari progres penelitian, pra siklus skor keterlibatan akademik selama pembelajaran daring sebesar 38% (Sangat Kurang), siklus I sebesar 53% (Kurang), dan siklus II sebesar 81% (Baik). Saran yang disampaikan peneliti yaitu: (1) Siswa diharapkan dapat mempertahankan keterlibatan akademik selama pembelajaran daring yang telah diperoleh melalui bimbingan kelompok metode adversity quotient. (2). Guru bimbingan dan konseling diharapkan menerapkan bimbingan kelompok metode adversity quotient dalam membantu hambatan yang mungkin dialami peserta didik, khususnya dalam bidang belajar, ataupun bidang bimbingan yang lain. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan bimbingan kelompok metode adversity quotient dalam berbagai perspektif masalah yang lain pada konseli atau peserta didik, terlebih pada masa saat transisi atau peralihan dari masa pandemi ke tatanan kehidupan yang baru. Sehingga eksistensi bimbingan dan konseling benar-benar dapat dilihat dan dirasakan oleh semua pihak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Drs,. Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2. Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Keterlibatan Akademik selama Pembelajaran Daring; Bimbingan Kelompok; Adversity Quotient.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 20:15
Last Modified: 14 Dec 2022 20:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item