Pendekatan client centered dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kurang percaya Diri siswa dari pergaulan teman sebaya

HERINAWATI, VENINDA (2022) Pendekatan client centered dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kurang percaya Diri siswa dari pergaulan teman sebaya. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Rasa kurang percaya diri pada seseorang biasanya muncul karena adanya ketakutan, keresahan, khawatir, dan rasa tidak yakin pada kemampuan yang ada pada dirinya sendiri. Seseorang yang mempunyai rasa kurang percaya diri ia akan menunjukkan perilaku yang berbeda dengan orang pada umumnya seperti tidak bisa berbuat banyak, malu, minder, dan selalu ragu dalam menjalankan tugas, tidak berani berbicara di depan umum, sehingga ia membutuhkan dukungan-dukungan dari orang lain untuk menutupi kekurangannya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana guru BK mengatasi rasa kurang percaya diri dari pergaulan teman sebaya pada siswa SMP 4 Kudus kelas VIII. Teman sebaya merupakan pertemanan yang memiliki kesamaan tingkat usia dalam hubungan dan intraksi sosial yang timbul karena individu-individu yang berkumpul dan membentuk kelompok yang didasarkan atas persamaan usia, status sosial, persamaan minat, kebutuhan yang dengan seiring berjalannya waktu akan membentuk pertemanan atau persahabatan. Salah satu fungsi terpenting dalam pergaulan teman sebaya adalah sebagai sumber informasi dan perbandingan antara hubungan teman dan keluarga. Pendekatan Client Centered dengan teknik problem solving adalah cara untuk mengetahui proses mental dan intelektual dalam menemukan suatu masalah dan memecahkannya berdasarkan data dan informasi yang akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat. Percaya diri dapat diartikan suatu kepercayaan dan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki serta dapat menggunakannya dengan tepat, sehingga tidak merugikan orang lain. Sebaliknya orang yang kurang percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuan yang ada pada dirinya, oleh karena itu rasa kurang percaya diri perlu ditingkatkan menjadi percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif study kasus yaitu suatu bentuk penelitian yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia berdasarkan opini manusia, dan subyek penelitiannya dapat berupa individu maupun kelompok. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan pendekatan client centered dengan teknik problem solving dapat meningkatkan percaya diri siswa yang meliputi: siswa yakin akan kemampuan diri sendiri, mandiri, optimis, berani mengungkapkan pendapat, tidak mementingkan diri sendiri, dan bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Drs. Masturi, MM Dosen Pembimbing 2. Dr. Richma Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Client Centered, Problem Solving, Rasa Percaya Diri, Teman Sebaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 20:23
Last Modified: 14 Dec 2022 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item View Item