Ummah, Zulfa Nurul (2022) Meningkatkan kedisiplinan masuk sekolah melalui layanan bimbingan kelompok teknik Self management pada siswa tkj Smk nu ma’arif kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kedisiplinan masuk sekolah merupakan keseluruhan ukuran bagi tindakan-tindakan yang menjamin kondisi-kondisi moral yang diperlukan, sehingga proses pendidikan berjalan lancar dan tidak terganggu. Adanya kedisiplinan dapat menjadi semacam tindakan preventif dan menyingkirkan hal-hal yang membahayakan hidup kalangan pelajar. Untuk meningkatkan kedisiplinan masuk sekolah peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Dengan melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management, siswa akan dapat mengelola dirinya sehingga mereka dapat mengatur dirinya dalam mengendalikan perilaku yang akan dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Memperoleh peningkatan kedisiplinan masuk sekolah pada siswa TKJ SMK NU Ma’arif Kudus melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management 2. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa TKJ SMK NU Ma’arif Kudus. Penelitian ini tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa TKJ SMK NU Ma’arif Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa selama 2 siklus masing-masing siklus 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil skor yang diperoleh tersebut, skor kedisiplinan masuk sekolah siswa memperoleh peningkatan sebanyak 48 dari skor awal saat pra siklus diperoleh hasil rata-rata 34 dengan kategori Sangat Kurang, Siklus I diperoleh rata-rata skor 46 dengan kategori Kurang dan pada Siklus II diperoleh skor rata-rata 70 dengan kategori Baik. Penelitian dirasa cukup karena skor sudah mencapai target minimum aspek kedisiplinan masuk sekolah. Simpulan dari penelitian adalah kedisiplinan masuk sekolah dapat meningkat setelah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa TKJ SMK NU Ma’arif Kudus dibuktikan berdasarkan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti dalam proses pelaksanaan siklus I diperoleh skor rata-rata 47 dengan kategori Kurang. Siklus II diperoleh skor rata-rata 75 dengan kategori Baik. Jadi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management yang dilaksanakan oleh peneliti dari siklus I hingga siklus II meningkat sebanyak rata-rata 28 skor. Penelitian ini hendaknya dapat diterapkan guru BK melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management menjadi
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Indah Lestari, M.Pd., Kons, Dosen Pembimbing : 2. Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Kedisiplinan Masuk Sekolah, Bimbingan Kelompok, Self Management |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 20:31 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 20:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17256 |
Actions (login required)
View Item |