Meningkatkan komunikasi antar pribadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran pada siswa kelas viii c smp negeri 1 nalumsari

Ameliani, Lia (2022) Meningkatkan komunikasi antar pribadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran pada siswa kelas viii c smp negeri 1 nalumsari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan layanan pengusaan konten teknik bermain peran dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Nalumsari. 2. Untuk memperoleh peningkatkan komunikasi antar pribadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Nalumsari setelah pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Teknik Bermain Peran. Komunikasi antar pribadi merupakan merupakan dua orang atau lebih yang melakukan interaksi, bertukar informasi, dan saling timbal balik dalam memberikan atau menerima pesan secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung (media perantara) baik dengan menggunakan verbal maupun non verbal. Siswa diharapkan dapat berkomunikasi dengan tujuan agar mampu mengenal diri sendiri dan orang lain, dapat mengembangkan identitas, membangun hubungan sosial, atau berkomunikasi dengan orang lain sehingga siswa ketika dihadapkan oleh masalah siswa mampu mengatasi dengan baik. Layanan penguasaan konten teknik bermain peran merupakan layanan yang diberikan peneliti untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa VIII C SMP Negeri 1 Nalumsari melalui kegiatan pemberian materi atau konten dalam suasana klasikal di dalam kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Nalumsari sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed methode dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian dimulai dari pra siklus yang menunjukkan komunikasi antar pribadi siswa pada skor 16.8 (59.9%) kategori (kurang). Pada siklus I pertemuan pertama komunikasi antar pribadi pada skor 17.3 (62%) kategori (kurang), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 17.96 (64%) kategori (baik) dan pertemuan ketiga 18.26 (65%) kategori (baik). Pada siklus II pertemuan pertama komunikasi antar pribadi pada skor 18.6 (66.5%) kategori (baik), pertemuan kedua siswa mendapatkan skor 18.7 (66.9%) kategori (baik) dan pertemuan ketiga 19.4 (69.1%) kategori (baik). Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut. 1. Peningkatan keterampilan peneliti dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten teknik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Indah Lestari., S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2.Dr. Richma Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Komunikasi Antar Pribadi, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Bermain Peran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 20:38
Last Modified: 14 Dec 2022 20:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17258

Actions (login required)

View Item View Item