Peningkatkan kemampuan public speaking melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas xi mipa 3 Sma negeri 1 kayen pati

WAHID, ACHMAD ABDUL (2022) Peningkatkan kemampuan public speaking melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas xi mipa 3 Sma negeri 1 kayen pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

public speaking merupakan ilmu komunikasi yang dilakukan secara lisan mengenai suatu hal atau topik dihadapan banyak orang dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, menginspirasi, mengubah, opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada masyarakat di tempat tertentu. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan Teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kayen. 2. Untuk memperoleh peningkatan kemampuan public speaking sebelum dan sesudah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kayen. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Jenis metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian ditetapkan delapan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kayen yang memiliki masalah kemampuan public speaking. Simpulan hasil penelitian ini kemampuan public speaking siswa memperoleh peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik Sosiodrama. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil observasi instrumen skala penilaian kemampuan public speaking siswa pada penelitian pra siklus, skor rata-rata 32 dengan kategori Sangat Kurang (SK). siklus I pertemuan pertama mencapai 34 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pada pertemuan kedua yaitu 37 dengan kategori Kurang (K) dan pada pertemuan ketiga menjadi 43 dengan kategori Kurang artinya siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kayen pada siklus I pertemuan ketiga memiliki kategori Kurang (K) dalam kemampuan public speaking. Pada siklus II pertemuan pertama mencapai 52 dengan kategori Baik (B), pada pertemuan kedua yaitu 56 dengan kategori Baik (B) dan pada pertemuan ketiga menjadi 65 dengan kategori Sangat Baik (SB) artinya siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Kayen pada siklus II pertemuan pertama sampai ketiga memiliki peningkatan dalam kemampuan public speaking.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Indah Lestari, M.Pd., Kons Dosen Pembimbing 2. Dr. Gudnanto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Public Speaking, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 20:46
Last Modified: 14 Dec 2022 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item