Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya Melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik homeroom di smk negeri 1 kudus

Nandito, Rifki (2022) Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya Melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik homeroom di smk negeri 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Hubungan sosial adalah cara individu untuk menanggapi dan kepekaan terhadap orang orang disekitar lingkungannya dan bagaimana pengaruh dalam dirinya,dimana setiap individu berusaha untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosial ,baik norma norma kelompok, moral, maupun tradisi .pengertian hubungan sosial yang kaitannya dengan penelitian ini adalah bahwa hubungan sosial merupakan target dari penelitian yang akan dilakukan .kemudian di tandai melalui proporsi psikologis yang nanti diketahui tingkat pencapaian hubungan sosial antar teman sebayanya. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan sosial antar teman sebaya siswa kelas x smk n 1 kudus. 2. Meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui bimbingan kelompok dengan teknik homeroom padaa siswa x smk n 1 kudus. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (ptbk). Jenis metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian ditetapkan delapan siswa smk negeri 1 kudus untuk meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Simpulan hasil penelitian ini hubungan sosial antar teman sebaya siswa memperoleh peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil observasi instrumen skala penilaian hubungan sosial antar teman sebaya siswa pada: pada pra siklus memperoleh jumlah skor rata rata 32 dengan presentase 40% yang masuk dalam kategori sangat kurang (sk), pada siklus I pertemuan pertama memperoleh jumlah skor rata rata 36 dengan presentase 45% yang masuk dalam kategori sangat kurang (sk), pada siklus I pertemuan kedua memperoleh jumlah skor rata rata 42 dengan presentase 53% yang masuk dalam kategori kurang (k), pada siklus II pertemuan ketiga memperoleh jumlah skor rata rata 45,5 dengan presentase 61% yang masuk dalam kategori kurang (k), pada siklus II pertemuan pertama memperoleh jumlah skor rata rata 46,125 dengan presentase 70% yang masuk dalam baik(b), pada siklus II pertemuan kedua memperoleh jumlah skor rata rata 64,375 dengan presentase 80% yang masuk dalam baik(b), pada siklus IIpertemuan ketiga memperoleh jumlah skor rata rata 67,375 dengan presentase 84% yang masuk dalam sangat baik(sb).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Drs. Sucipto, M.Pd., Kons, Dosen Pembimbing : 2.Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Hubungan Sosial, Antar Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok, Homeroom
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 20:46
Last Modified: 14 Dec 2022 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item