Meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa di era pandemi melalui konseling behavioristik Dengan teknik self management

MUSTIATI, ATIK (2022) Meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa di era pandemi melalui konseling behavioristik Dengan teknik self management. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Perilaku disiplin belajar adalah suatu aturan yang dibuat untuk melatih siswa secara sadar dan secara sukarela untuk melakukan apa yang menjadi aturan pemimpinnya, yang dimaksud dengan pemimpin bisa disebut guru ataupun orang tua. Dampak dari pandemi Covid-19 yakni di bidang pendidikan, akibatnya pembelajaran dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa peneliti berupaya menerapkan konseling behavioristik dengan teknik self management. Self management dalam usaha peneliti untuk mengoptimalkan potensi dalam diri siswa untuk berusaha sekuat tenaga dalam meningkatkan perilaku disiplin dalam diri siswa melalui rangsangan dari luar dan dari dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penyebab dari perilaku kurang disiplin belajar pada siswa SMK NU Ma’arif Kudus di era pandemi. 2. Diperolehnya peningkatan perilaku disiplin belajar pada siswa SMK NU Ma’arif Kudus di era pandemi setelah pemberian layanan konseling behavioristik dengan teknik self management. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Subjek yang diteliti adalah peserta didik SMK NU Ma’arif Kudus tahun ajaran 2021/2022, sebanyak 2 siswa yang mempunyai masalah rendahnya disiplin belajar. Metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, sehingga diperoleh data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yakni rendahnya disiplin belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan setiap konseli RF dan NN. Faktor penyebab konseli tidak disiplin belajar yakni dari faktor internal RF dan NN yang sama-sama malas belajar dan mengerjakan tugas, lebih sering bermain dengan teman dan tidak bisa mengatur waktu. Sedangkan faktor eksternal konseli RF dan NN yaitu sama-sama kurang perhatian dari orang tua dan pengaruh lingkungan sekitar. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan layanan konseling behavioristik teknik self management dapat memberikan perubahan perilaku konseli yang mengalami masalah rendahnya perilaku disiplin belajar seperti bolos sekolah dan tidak absen saat pembelajaran daring, tidak mengerjakan tugas, tidak dapat mengatur waktu, malas belajar, tidak menaati aturan sekolah, dan perilaku kurang menyenangkan seperti mencontek dan membuat keributan/mengganggu ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Indah Lestari, M.Pd., Kons Dosen Pembimbing 2. Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Perilaku Disiplin Belajar, Pandemi, Behavioristik, Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 21:02
Last Modified: 14 Dec 2022 21:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17263

Actions (login required)

View Item View Item