Peningkatan kontrol diri dalam bermedia sosial Melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self management pada siswa kelas xi Smk negeri 1 kudus

Hadi, Ilham Sholikul (2022) Peningkatan kontrol diri dalam bermedia sosial Melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik self management pada siswa kelas xi Smk negeri 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kontrol diri dalam bermedia sosial adalah suatu kemampuan individu dalam mengarahkan tingkah lakunya dalam mengelola media sosial. Bagi siswa memiliki kontrol diri yang rendah dalam bermedia sosial dapat menyebabkan berbagai dampak buruk diantaranya yaitu menurunnya prestasi belajar, interaksi sosial menjadi rendah dan kecanduan mengakses media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kontrol diri siswa dalam bermedia sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Layanan bimbingan kelompok teknik self management merupakan pemberian bantuan konselor kepada individu dalam situasi kelompok untuk mengelola pikiran, perasaan dan tindakan individu agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri 1 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang mempunyai kontrol diri yang rendah dalam bermedia sosial. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus mendapatkan rata-rata skor 59 dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor 83 dengan kategori kurang, terjadi peningkatan dari pra siklus. Pada siklus II memperoleh rata-rata skor 116 dengan kategori baik, terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 33 skor. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan kontrol diri dalam bermedia sosial siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kudus. Disarankan kepada: 1. Siswa, agar dapat tetap berkomitmen mengendalikan dirinya dengan baik pada saat menggunakan media sosialnya dengan bijaksana dan bertanggungjawab. 2. Guru pembimbing, agar memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kontrol diri siswa dalam bermedia sosial secara intensif dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa agar bisa terhindar dari pengaruh negatif media sosial.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing : 2.Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kontrol Diri Dalam Bermedia Sosial, Bimbingan Kelompok, Teknik Self management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2022 21:01
Last Modified: 14 Dec 2022 21:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17264

Actions (login required)

View Item View Item