SALSABILA, PUTRI (2022) Konseling behavior dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan keaktifan bertanya pada mata pelajaran bahasa jawa siswa smp i pesantren nurul ishlah al-anwar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (292kB) | Preview |
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Pendidikan merupakan suatu faktor utama dalam proses pembangunan bangsa serta merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Semua manusia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan serta diharapkan mereka dapat selalu berkembang. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti diperoleh informasi bahwa terdapat dua siswa yang memiliki tingkat keaktifan bertanya pada mata pelajaran bahasa jawa yang rendah, kurang bersemangat dalam menjalani pembelajaran, kurang motivasi saat pembelajaran serta cenderung pendiam. Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apakah yang menyebabkan rendahnya keaktifan bertanya dalam pembelajaran Bahasa Jawa siswa SMP I Pesantren Nurul Ishlah Al-Anwar?, (2) Apakah melalui pendekatan Behavior dengan Teknik penguatan positif dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa di SMP I Pesantren Nurul Ishlah Al-Anwar? Pendekatan Behavior merupakan proses konseling yang diberikan oleh konselor kepada konseli dengan mennggunakan pendekatan tingkah laku serta teknik tertentu dalam pemecahan masalah yang dihadapi konseli. Teknik penguatan positif adalah untuk mendorong konseli mencapai perubahan tingkah laku yang adaptif dengan jalam memberikan reward berupa dukungan, pujian, perhatian, rasa simpati empati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang diteliti adalah dua siswa kelas VIII yaitu KA dan NLM siswa tersebut mengalami rendahnya keaktifan bertanya pada mata pelajaran bahasa jawa. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa konseling behavior dengan teknik penguatan positif dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa pada mata pelajaran bahasa jawa, meningkatkan semangat belajar, kemandirian aktifitas saat pembelajaran siswa SMP I Pesantren Nurul Ishlah Al-Anwar. Penerapan pendekatan konseling behavior dengan teknik penguatan positif secara keseluruhan masalah yang dialami oleh kedua konseli teratasi. Hal tersebut diperoleh dari hasil pengamatan peneliti melalui proses konseling yang semula menunjukkan sikap rendahnya keaktifan bertanya seakarang sudah mulai aktif bertanya dan semangat belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Richma Hidayati, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2. Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. |
Kata Kunci: | Konseling Behavior, Penguatan Positif, Keaktifan Bertanya |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 21:25 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 21:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17268 |
Actions (login required)
View Item |