Sari, Vany Diah Puspita (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan siswa sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (467kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (152kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
Abstrak
Selama pembelajaran matematika ditemukan berbagai masalah yang dialami oleh siswa. Masalah tersebut seperti siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta merasa cemas selama mengikuti pembelajaran matematika. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan yang dimiliki siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara pada semester gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Kecemasan matematis dibagi menjadi 4 tipe, yaitu mood, motoric, cognitive dan somatic, pada setiap tipe akan diambil 2 subjek untuk dilakukan tes komunikasi matematis dan wawancara, sehingga total subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu 8 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes yang berupa wawancara, dan dokumentasi yang berupa tes komunikasi matematis. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, tahap mereduksi data, tahap pengolahan data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood hanya mampu untuk menuliskan gagasan dengan menggunakan bahasa sendiri, atau bisa disebut dengan written teks; 2) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe cognitive mampu mencapai 2 indikator komunikasi matematis, indikator tersebut yaitu mampu untuk mengubah permasalahan menjadi sebuah gambar (drawing) dan mampu untuk menuliskan pendapatnya dengan menggunakan bahasa pribadi (written teks); 3) sedangkan siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe somatic hanya mampu mencapai satu indikator komunikasi matematis yaitu mampu untuk menggunakan bahasa simbul yang biasa digunakan dalam matematika, dan; 4) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood dan motoric tidak mampu untuk mencapai indikator komunikasi matematis sama sekali.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Sumaji, S. Pd., M. Pd |
Kata Kunci: | kemampuan komunikasi matematis, kecemasan matematis, siswa sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 18:01 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 18:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17270 |
Actions (login required)
View Item |