Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan siswa sekolah dasar

Sari, Vany Diah Puspita (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan siswa sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy

Abstrak

Selama pembelajaran matematika ditemukan berbagai masalah yang dialami oleh siswa. Masalah tersebut seperti siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta merasa cemas selama mengikuti pembelajaran matematika. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kecemasan yang dimiliki siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara pada semester gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Kecemasan matematis dibagi menjadi 4 tipe, yaitu mood, motoric, cognitive dan somatic, pada setiap tipe akan diambil 2 subjek untuk dilakukan tes komunikasi matematis dan wawancara, sehingga total subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu 8 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes yang berupa wawancara, dan dokumentasi yang berupa tes komunikasi matematis. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu siswa kelas VI SDIT Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Analisis data yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data, tahap mereduksi data, tahap pengolahan data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood hanya mampu untuk menuliskan gagasan dengan menggunakan bahasa sendiri, atau bisa disebut dengan written teks; 2) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe cognitive mampu mencapai 2 indikator komunikasi matematis, indikator tersebut yaitu mampu untuk mengubah permasalahan menjadi sebuah gambar (drawing) dan mampu untuk menuliskan pendapatnya dengan menggunakan bahasa pribadi (written teks); 3) sedangkan siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe somatic hanya mampu mencapai satu indikator komunikasi matematis yaitu mampu untuk menggunakan bahasa simbul yang biasa digunakan dalam matematika, dan; 4) siswa yang memiliki kecemasan matematis pada tipe mood dan motoric tidak mampu untuk mencapai indikator komunikasi matematis sama sekali.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Sumaji, S. Pd., M. Pd
Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, kecemasan matematis, siswa sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:01
Last Modified: 15 Dec 2022 18:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item View Item