Pengembangan bahan ajar ips berbasis guided inquiry sosiokultural pada kelas iv sekolah dasar

DEWI, HARTINA KUSUMA (2022) Pengembangan bahan ajar ips berbasis guided inquiry sosiokultural pada kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar IPS kelas IV SD yang ada di Kecamatan Gebog Kudus, 2) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar IPS berbasis Guided Inquiry sosoikultural pada kelas IV SD, 3) mendeskripsikan keterbacaan bahan ajar IPS berbasis Guided Inquiry sosiokultural pada kelas IV SD yang dikembangkan, dan 4) menjelaskan keefektifan bahan ajar IPS berbasis Guided Inquiry sosiokultural pada kelas IV SD yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Hasil produk dalam penelitian ini adalah bahan ajar IPS Berbasis Sosiokultural pada Pembelajaran Guided Inquiry. Adapun desain penelitian R&D (Research and Development) terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk akhir, revisi produk, dan produksi final. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik flow analysis model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Analisis data kuantitatif dengan uji validitas dan uji efektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan sesuai dengan pembelajaran guided inquiry sosiokultural yang mengaitkan pembelajaran dengan kekhasan daerah tempat tinggal siswa, setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan terlihat peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas ekperimen mendaptakan skor rata-rata Gain 0,597 dengan kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mendapatkan skor rata-rata Gain 0,236 dengan kategori rendah, hasil uji independent sample test diperoleh nilai thitung = 3,784 > ttabel = 1,9905 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar IPS berbasis guided inquiry sosiokultural dan kelas kontrol tanpa menggunakan bahan ajar berbasis guided inquiry sosiokultural.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Sri Utaminingsih,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr. su'ad,M.Pd.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Guided Inquiry, Sosiokultural.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:25
Last Modified: 15 Dec 2022 18:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17274

Actions (login required)

View Item View Item