Pengembangan bahan ajar flipbook ipa berbantuan articulate storyline 3 pada siswa kelas vi di kecamatan pecangaan

LESTARI, HENI SUCI (2022) Pengembangan bahan ajar flipbook ipa berbantuan articulate storyline 3 pada siswa kelas vi di kecamatan pecangaan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3, 2) menyusun desain bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3, 3) menganalisis kelayakan bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3, 4) menganalisis keefektifan bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu penelitian yang berkenaan dengan pengembangan produk, melalui proses perencanaan, produksi dan evaluasi validitas produk yang telah dihasilkan, dengan produk yang akan dihasilkan berupa bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3. Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini terdiri dari 10 langkah, yaitu 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk 8) ujicoba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) produksi masal. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar validasi, analisis angket kelayakan, angket respon guru dan peserta didik, dan analisis perolehan uji t untuk mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Data keefektifan bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3 dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada peserta didik Kelas VI di SDN 3 Krasak sebagai kelas eksperimen dan peserta didik SDN 1 Lebuawu sebagai kelas kontrol. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar flipbook IPA berbantuan articulate storyline 3. Flipbook IPA dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas VI di tiga SD pada Gugus Kartini di kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Flipbook IPA terbukti layak karena jumlah skor yang diperoleh dari dua validator masing-masing 88 dan 96 kriteria skor “sangat layak”. Hasil respon dari siswa sebesar 87,75% dan respon dari guru di tiga SD dengan rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori produk “sangat menarik”. Penggunaan flipbook IPA efektif yang terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase prettest pada kelas kontrol dan eksperimen hampir sama, yaitu 61,57 dan 58,80. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 78,15 dan 87,80. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 3,346 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr.Khamdun,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Flipbook, IPA, Articulate Storyline 3
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 18:35
Last Modified: 15 Dec 2022 18:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item