RAHAYU, SULISTIYONINGSIH ASTRIANI (2022) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika kelas v sd di kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Bahan ajar berbasis etnomatematika merupakan perpaduan antara bahan ajar yang memuat unsur-ur budaya yang dikaitkan dengan muatan pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis etnomatematika siswa kelas V SD; (2) mendeskripsikan desain bahan ajar matematika berbasis etnomatematika kelas V SD; (3) menganalisis kelayakan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika kelas V SD; (4) mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika untuk siswa kelas V SD; (5) menganalisis keefektifan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika untuk siswa kelas V SD. Metode penelitian ini mengacu pada penelitian pengembangan (RnD) model Borg & Gall. Sumber data yang digunakan adalah 40 siswa kelas V dari 3 SD di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, berdasarkan hasil observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi maka diperlukan pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika; kedua, desain pengembangan bahan ajar dimulai dari menganalisis kompetensi dasar dan indikator kemudian menyusun prototipe bahan ajar; ketiga, kelayakan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika mendapatkan validasi rata-rata 87% dengan kategori sangat layak; keempat, kepraktisan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika sebesar 83,4% dengan kategori sangat menarik; kelima, efektivitas bahan ajar dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Uji normalitas diuji dengan menggunakan data nilai posttest diperoleh L0 sebesar 0,1422 dan Ltabel sebesar 0,190. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,0901 dengan Ftabel sebesar 2,1683. Uji t menunjukkan bahwa thitung 3,2407>ttabel 2,02270. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis etnomatematika efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD materi penyajian data.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. |
Kata Kunci: | Bahan ajar, Etnomatematika, Matematika uns |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 18:44 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 18:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
