Pengembangan media interaktif berbasis s.id berbantuan canva pada pembelajaran ipa kelas v siswa sekolah dasar di kecamatan mayong kabupaten jepara

Rosyada, Dina (2022) Pengembangan media interaktif berbasis s.id berbantuan canva pada pembelajaran ipa kelas v siswa sekolah dasar di kecamatan mayong kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB  2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media interaktif berbasis s.id berbantuan canva, (2) mengembangkan desain media interaktif berbasis s.id berbantuan canva, 3) menganalisis kelayakan media interaktif berbasis s.id berbantuan canva, (4) menganalisis keefektifan media interaktif berbasis s.id berbantuan canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan desain penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini terdiri dari tujuh tahapan yaitu, 1) mencari potensi dan masalah, 2) pengumpulan data awal, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Penelitian dilakukan dengan menganalisis media, pengembangan desain media, kelayakan media, dan efektifitas penggunaan media. Data didapat dari wawancara, angket, dan tes. Data yang dianalisis antara lain keefektifan media menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan SPSS. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada siswa Kelas V di SDN 1 Sengonbugel sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN 3 Pelang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah (1) para guru menghendaki pengambangan media interaktif berbabasis s.id berbantuan canva untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. (2) Produk media intearktif berabasis s.id ini berbentuk link yang dimodifikasi dengan aplikasi canva yang berisi materi siklus air, video, lagu, dan latihan soal berbentuk game edukatif yang menarik. (3) Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi memperoleh skor masing-masing 88,50; 91,50; dan 92.00 dengan kategori “sangat layak”. (4) Rata-rata presentase pretest pada kelas kontrol adalah 49,67 dan kelas eksperimen 50,33. Setelah diberi perlakuan, rata-rata posttest kelas kontrol meningkat menjadi 71,00 dan kelas eksperimen 86,50. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 6,871 dengan taraf signifikan < α = 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interaktif berbasis s.id berbantuan canva terbukti sangat layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Fitri Budi Suryani,S.S.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Irfai Fathurohman,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, S.id, Hasil Belajar IPA, kelas V Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:04
Last Modified: 15 Dec 2022 19:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item View Item