Pengembangan media komik interaktif untuk pembelajaran ipa kelas v sekolah dasar di kecamatan mlonggo jepara

Susanti, Rani (2022) Pengembangan media komik interaktif untuk pembelajaran ipa kelas v sekolah dasar di kecamatan mlonggo jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media komik interaktif , (2) menyusun desain media komik interaktif , (3) menganalisis kelayakan media komik interaktif , (4) menganalisis keefektifan media komik interaktif . Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari dua tahap, yaitu pengembangan media dan pengujian media. Metode yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian media pembelajaran menggunakan model Borg and Gall. Desain uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design pada siswa di SDN 2 Jambu sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN 11 Jambu sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Uji statistik keefektifan dilakukan dengan SPSS. Data keefektifan media pembelajaran komik interaktif dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa komik interaktif. Komik interaktif dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas V di tiga SD di kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Produk yang dikembangkan berupa media komik interaktif mata pelajaran IPA. Komik interaktif dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas V pada tiga SD di kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Komik interaktif terbukti layak karena jumlah skor yang diperoleh dari empat validator masing-masing 88 dan 86 kriteria skor “sangat layak”. Hasil respon dari siswa sebesar 88,50% dan respon dari guru di tiga SD dengan rata-rata sebesar 87,80% dengan kategori produk “sangat layak”. Penggunaan komik interaktif efektif yang terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase prettest pada kelas kontrol dan eksperimen hampir sama, yaitu 30,00 dan 30,67. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 50,00 dan 74,83. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 8,803 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengembangan media komik interaktif terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas V SD. Disarankan agar guru menggunakan media komik interaktif dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Interaktif, IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:11
Last Modified: 15 Dec 2022 19:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17283

Actions (login required)

View Item View Item