Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada Materi sistem pencernaan untuk siswa kelas v sekolah dasar Di kecamatan purwodadi

Setiawan, Dona Agus (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada Materi sistem pencernaan untuk siswa kelas v sekolah dasar Di kecamatan purwodadi. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan media Pembelajaran Berbasis Android pada materi sistem pencernaan, mendesain media Pembelajaran Berbasis Android pada siswa kelas V, menganalisa keefektifan media Pembelajaran Berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan model Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan media Pembelajaran Berbasis Android. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui dokumentasi, wawancara dan observasi, sedagkan teknik pengumpulkan data kuantitatif melalui tes dan angket. Produk yang dihasilkan berupa Pembelajaran Berbasis Android. Analisis kebutuhan Pembelajaran Berbasis Android oleh guru dan siswa, validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi, uji efektivitas dengan analisis hasil belajar. Subjek uji coba produk terbatas pada penelitian pengembangan ini adalah kelas V SD Negeri 1 Nambuhan yaitu 17 siswa. Subjek ujicoba berjumlah 54 siswa sebagai kelas eksperimen dan 47 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar angket kebutuhan Pembelajaran Berbasis Android, penilaian Pembelajaran Berbasis Android, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis kebutuhan Pembelajaran Berbasis Android, lembar validasi, dan analisis perolehan uji-t untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Berbasis Android yang dikembangkan Hasil penelitian berupa pengembangan Pembelajaran Berbasis Android berdasarkan kebutuhan guru dan siswa dan telah mendapat validasi dari ahli. Uji coba produk dilaksanakan skala terbatas dan skala luas. Hasil uji coba terbatas terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai n-gain sebesar0,696 dengan kategori sedang. Hasil uji coba skala luas pada pretest dengan nilai signifikasi 0,559 yang berarti tidak ada perbedaan rata-rata nilai pada kelas eksperimen dan kelas control. Pada nilai posttest dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 berarti terdapat perbedaan antara rata-rata nilai posttest kelas control dan kelas eksperimen. Dari uji statistic dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Pembelajaran Berbasis Android dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Purwodadi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing : 2.Dr. Dra. Sri Surachmi W. M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Android, Sistem Pencernaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:20
Last Modified: 15 Dec 2022 19:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item