Pengaruh blended learning terhadap perkembangan perilaku belajar siswa Dan hasil belajar ipa kelas v Di sekolah dasar gugus ahmad yani bonang Pada masa pandemi covid-19

KHOIROH, UMMU (2022) Pengaruh blended learning terhadap perkembangan perilaku belajar siswa Dan hasil belajar ipa kelas v Di sekolah dasar gugus ahmad yani bonang Pada masa pandemi covid-19. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Adanya virus corona mengakibatkan berbagai dampak yang ditimbulkan. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Dengan adanya virus corona yang muncul pada saat ini proses pembelajaran yang awalnya dapat dilaksanakan dengan tatap muka sekarang harus dilaksanakan dengan jarak jauh, tetapi dalam keadaan seperti ini guru harus dapat melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar atau pendidik dan itu berpengaruh pada perilaku belajar dah hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh Blended Learning pada masa pandemi Covid-19 terhadap perkembangan perilaku belajar siswa Menganalisis pengaruh Blended Learning pada masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar mapel IPA kelas V di Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Bonang. Metode pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Rancangan penelitian ini adalah ex-post facto.dengan Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Gugus Ahmad Yani yang berjumlah 126 siswa, teknik sampling dengan rumus sloving menggunakan 96 sampel. Intrumen dalam penelitian ini menguunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen terdiri dari validitas isi (Content Validity),validitas konstruk. Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis yang terdiri dari uji koefesien determinasi (R2), Uji Pengaruh Parsial (t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Ada pengaruh blended learning pada masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan perilaku belajar siswa di Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Bonang Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkan nilai t-hitung diperoleh 8.200 > t-tabel 1.08693. Selain itu, sig diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 (nilai sig 0,000 < 0,05). Hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran blended learning terhadap perilaku belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Bonang. Besar pengaruh yang diberikan pembelajaran blended learning terhadap perilaku belajar siswa adalah 41,7% dan sisanya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh Blended Learning pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mapel IPA kelas V di Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Bonang Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkan nilai t-hitung diperoleh 7.170 > t-tabel 1.08693 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 (nilai sig 0,000 < 0,05). Hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Gugus Ahmad Yani Bonang Berdasarkan nilai r-square atau indexs korelasi sebesar 0.354, berarti variabel pembelajaran berpengaruh terhadap perilaku belajar siswa sebesar 35,4% dan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Rismiyanto.M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Erik Aditia Ismaya ,M.A.
Kata Kunci: Blended Learning, Covid-19, Perkembangan Perilaku Belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:22
Last Modified: 15 Dec 2022 19:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17286

Actions (login required)

View Item View Item