PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS CABI (PECAHAN PADA UBIN) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN DONOROJO

NUSANTARAWATI, YESSY OLIVIA (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS CABI (PECAHAN PADA UBIN) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN DONOROJO. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan model pair check berbasis cabi dalam pembelajaran matetmatika materi pecahan pada kelas V. (2)Mendeskripsikan proses pengembangan model Pair Check berbasis media cabi dalam pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas V. (3) Menganalisis kelayakan model Pair Check berbasis media cabi dalam pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas V. (4) menganalisis efektifitas Model Pair Check berbasis media cabi dalam pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Research and Denelopment (R&D) menurut Borg and Gall. Kegiatan penelitian ini dimulai dengan uji coba kelayakan produk dengan menggunakan sampel penelitian SDN 1 Clering, SDN 3 Clering dan SDN 3 Ujungwatu sebagai kelas eksperimen dan SDN 2 Clering sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan dengan Teknik observasi, wawacara, dokumentasi, angket dan tes. Data keefektifan model pembelajaran Pair Check berbasis Cabi ini dianalisa dengan uji gain dan uji sample test berbantuan program SPSS. Analisa kebutuhan terhadap pengembangan model Pair Check berbasis Cabi diketahui melalui analisis kebutuhan guru dan analisis kebutuhan siswa. Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan model pair check berbasis cabi, 2) pengembangan model pair check berbasis cabi digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V, 3) model pair check berbasis cabi layak digunakan pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V. (4) pengembangan model pair check berbasis cabi cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan n gain dalam kategori sedang dan interpretasi cukup efektif dengan prosentase 64,46%.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model pair check berbasis pecahan pada ubin (cabi) dapat meningkatka hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Dr. Nur Fajrie,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Dr. Santoso,M.Pd
Kata Kunci: Pair Check, Cabi, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:33
Last Modified: 15 Dec 2022 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item View Item