Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori van hiele Kelas v sdit hidayatullah

UZZAKIYYAH, NISA (2022) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori van hiele Kelas v sdit hidayatullah. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses berpikir siswa dlm menyelesaikan masalah geometri berdasarkah Teori Van Hiele pada siswa kelas V di SDIT Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan tujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Hidayatullah yang mengerjakan soal dengan melakukan think aloud dan mengungkapkan hasil pemecahan masalah secara tertulis dan lisan saat wawancara. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrument pendukung nya adalah soal tes pemecahan masalah geometri dan pedoman wawancara. Data dianalisis dari hasil think aloud, hasil pekerjaan siswa, dan hasil wawancara. Dari 24 siswa yang menjadi calon subjek penelitian, ada 2 siswa yang tidak dapat menyelesaikan masalah secara tertulis maupun lisan sehingga tidak dapat di masukkan kedalam level berpikir menurut Van Hiele, kemudian dari 22 siswa yang terpilih menjadi subjek penelitian ada 3 level berpikir yang dapat dicapai siswa menurut teori Van Hiele dalam menyelesaikan masalah geometri. Dari 3 level yang dapat dicapai siswa kemudian diklasifikasikan kedalam jenis proses berpikir yang sesuai tahapannya. Siswa yang berada pada level 0 (Visualisasi) berjumlah 6 siswa, siswa yang berada pada level 1 (Analisis) berjumlah 10 siswa, dan siswa yang berada pada level 2 (Deduksi Informal) berjumlah 6 siswa. Kemudian diambil 2 siswa yang mewakili untuk memaparkan hasil pekerjaan nya melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini ditemukan, faktor penyebab 2 siswa yang tidak dapat menyelesaikan masalah secara tertulis maupun lisan disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan keterampilan mengenai masalah geometri. Sehingga, siswa tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah baik tertulis maupun lisan. Selanjutnya, 22 siswa yang masuk kedalam level berpikir menurut Van Hiele antara lain Pertama, siswa yang berada pada level 0 (Visualisasi) adalah siswa yang berkemampuan rendah, yang hanya mampu menyelesaikan masalah dengan menyebutkan nama bangun yang sesuai dengan model yang ada pada soal, siswa pada level ini belum mampu memberikan alasan atas jawabannya, karena siswa ini belum memahami sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu bangun (kubus dan balok). Dalam tahap proses berpikirnya, siswa ini melalui tahap entry yaitu dengan membaca dan memahami masalah, selanjutnya siswa ini juga mulai masuk pada tahap attack yaitu menyelesaikan masalah, namun belum terpenuhi karena tidak mampu menyelesaikan semua masalah yang ada, sehingga tidak bisa dilanjutkan pada tahap review (meninjau kembali). Oleh sebab itu, siswa yang berada pada level 0(Visualisasi) diklasifikasikan pada jenis proses berpikir Komputasional. Kedua, siswa yang berada pada level 1 (Analisis) merupakan siswa berkemampuan sedang. Siswa ini mampu melewati masalah yang memuat level 0 (Visualisasi) dengan menyebutkan nama bangu yang sesuai, selanjutnya siswa yang berada pada level 1 (Analisis) adalah siswa yang mampu mengidentifikasi sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu bangun(kubus dan balok). Dalam tahapan proses berpikir, siswa ini mampu melewati tahap entry yaitu dengan membaca dan memahami masalah dengan baik. Siswa ini juga mampu melewati tahap attack dengan kemampuannya menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nama bangun beserta sifat-sifatnya. Namun siswa ini belum sampai pada tahap review, karena tidak mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perhitungan dan rumus, sehingga pada tahap review (meninjau ulang) siswa ini tidak dapat terpenuhi. Oleh sebab itu, siswa yang berada pada level 1 (Analisis) diklasifikasikan pada jenis proses berpikir Semi Konseptual. Ketiga, siswa yang berada pada level 2 (Deduksi Informal) merupakan siswa yang berkemampuan tinggi, siswa ini sudah mampu menggunakan penalaran deduktifnya namun masih terbatas. Siswa ini sudah mampu melewati masalah pada level 0 dan level 1. Siswa yang berada pada level 2 (Deduksi Informal) dalam penelitian ini merupakan siswa yang mampu menyelesaikan masalah perhitungan yang berkaitan dengan rumus volume berdasarkan materi yang sudah pernah diajarkan. Dalam tahapan proses berpikir, siswa ini mampu melewati semua tahapan yaitu entry, attack, dan review karena sudah mampu menyelesaikan masalah geometri yang diberikan dengan baik menggunakan konsep yang sudah dipelajari. Oleh sebab itu, siswa yang berada pada level 2 (Deduksi Informal) diklasifikasikan pada jenis proses berpikir Konseptual.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Eko Darmanto, M.es Dosen Pembimbing 2. Dr. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Geometri, Teori Van Hiele.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:40
Last Modified: 15 Dec 2022 19:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17289

Actions (login required)

View Item View Item