Pengembangan media puzzle pembelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas iii sekolah dasar kabupaten demak

Sobirin, Ali (2022) Pengembangan media puzzle pembelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas iii sekolah dasar kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan media pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan Narasi di Kelas III. 2) Mendiskripsikan desain pengembangan media media puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan Narasi di Kelas III., 3) Menganalisis kelayakan pengembangan media media puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan Narasi di Kelas III. 4) Menganalisis efektivitas pengembangan media media puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan Narasi di Kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri atas 6 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, vallidasi desain, ujicoba terbatas dan ujicoba produk secara luas. Subjek penelitian adalah Guru dan Siswa Kelas III sekolah dasar di Gugugs Hasanudin Kecamatan Kebonagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumen. instrumen penelitian menggunakan soal tes uraian, lembar observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, analisis data kualitatif. Hasil penelitian adalah 1) pengembangan media puzzle diperlukan berdasarkan analisis kebutuhan tentang media pembelajaran pada pelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan narasi. 2) pengembangan media puzzle dipilih karena mudah dibuat dan praktis dalam penggunaannya. Dengan menggunakan puzzle gambar seri siswa tertantang untuk menyusun gambar dan untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan karangan 3) Pengembangan media puzzle dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran menulis karangan narasi bagi siswa kelas III, berdasarkan hasil validasi media dan materi dengan kriteria sangat valid. 4) Pengembangan media puzzle efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. di kelas III sekolah dasar. Efektifitas media puzzle berdasarkan hasil ujicoba terbatas dan luas dengan kriteria efektif serta tanggapan guru dan siswa yang merespon positif dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya adalah pengembangan media puzzle layak dan sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III sekolah dasar. Saran peneliti adalah pengembangan media puzzle hendaknya dapat digunakan untuk pembelajaran lain selain menulis karangan narasi dan hendaknya guru mampu mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan edukatif untuk pembelajaran menulis karangan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (I) Dr. Slamet Utomo, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Dr. Gunawan Setiadi, S.IP, M.Pd.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Karangan Narasi, Media Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:41
Last Modified: 15 Dec 2022 19:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17290

Actions (login required)

View Item View Item