Pengembangan modul interaktif berbasis steam (science, technology, engineering, art and mathematics) untuk siswa kelas iv tema indahnya kebersamaan di sd gondosari gebog kudus

Triana, Nika (2022) Pengembangan modul interaktif berbasis steam (science, technology, engineering, art and mathematics) untuk siswa kelas iv tema indahnya kebersamaan di sd gondosari gebog kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap modul interaktif berbasis STEAM. (2) untuk menyusun modul interaktif berbasis STEAM. (3) untuk menganalisis kelayakan modul interaktif berbasis STEAM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (4) untuk mengetahui efektivitas modul interaktif berbasis STEAM dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswa di kelas IV dapat meningkat. Penelitian ini dilatarbelakangi selama proses pembelajaran dikelas peserta didik cenderung pasif, rasa ingin tahunya sangat rendah dan antusias dalam proses pembelajarannya pun sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang rendah. Hasil wawancara yang telah dilakukan pada guru kelas IV pada tanggal 10 Mei yaitu peserta didik sangat pasif dalam pembelajaran selain itu juga semangat belajar mereka menurun tidak mau untuk berfikir secara kritis dan hanya mengandalkan penjelasan dari gurunya selain itu juga peserta didik tidak mau dan merasa kurang berminat dalam berinovasi, berkreasi dan berkolaborasi dengan kemampuan mereka yang dimiliki sehingga pembelajaran sangat pasif dikelas tidak ada umpan balik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menganalisis data validasi oleh validator ahli dan praktisi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis kebutuhan guru dan siswa terkait pengembangan Modul Interaktif Berbasis STEAM maka sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan proses pembelajaran. Hasil penilaian dari ketiga validator menunjukkan hasil yang baik, panilaian dari validator juga dikonversikan dalam kelayakan suatu modul diantaranya validator 1 skor 90 dengan kategori “Sangat Baik/Sangat Layak”, validator 2 skor 75 dengan kategori “Baik/Layak” dan validaor 3 skor 84 dengan katgeori “Sangat Baik/Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa dari penilaian para validator tersebut maka modul layak digunakan untuk pembelajaran kelas IV SD. Hasil Uji keefektifan pada modul juga memperoleh nilai yang signifikan. Rata-rata nilai pretest pada kelompok eksperimen adalah 62,75 dan posttes 80,8, sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata nilai pretest 61,15 dan nilai posttest 80,8 dari hasil tersebut diketahui bahwa terdapat kenaikan pada nilai hasil belajar siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa modul interaktif berbasis STEAM efektif digunakan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Khamdun, M. Pd.
Kata Kunci: Modul Interaktif, STEAM, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 19:55
Last Modified: 15 Dec 2022 19:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17291

Actions (login required)

View Item View Item