BUDININGTYAS, ADE KALPIKA (2022) Pengembangan media “pegalinu” dalam kemampuan literasi digital dan numerasi dasar kelas iii di sd se-gugus wibisono kecamatan jati kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (524kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (481kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan, mengembangkan produk berupa media pembelajaran game literasi dan numerasi pada kelas III SD. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media melalui aplikasi android yang dapat dioperasionalkan dengan menggunakan komputer, android dan gadged secara offline ataupun online. Selain itu, pengembangan media game literasi dan numerasi “PEGALINU” guna membuktikan keefektifan media pembelajaran game literasi dan numerasi dalam kemampuan literasi digital dan numerasi dasar kelas III SD segugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dalam pembelajaran tematik dengan memperhatikan tiga aspek kualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Analisis data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif dgunakan untuk menganalisis bagaimana tanggapan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan menggunakan media “PEGALINU” yang berbasis android. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dari angket. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan media game literasi numerasi dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media yang dikembangkan berdasarkan analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru dan siswa media pembelajaran game literasi numerasi cukup dibutuhkan dalam pembelajaran sesuai dengan wawancara dan observasi di lapangan yang telah dilakukan. Hasil pengembangan media ini telah diuji keefektifan dengan hasil akumulasi skor oleh validator materi yaitu 53,52,52 dari skor maksimal 60. Diperoleh rata-rata 87% dari validator ahli materi. Akumulasi dari validator ahli media yaitu 63,70 dan 71 dari skor maksimal 80 diperoleh rata-rata presentase 85%. Akumulasi dari ahli pengguna yaitu 15,16,17 dari skor maksimal 20 diperoleh rata-rata presentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil Uji T yakni didapatkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 4,822 > 1,674, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control sehingga media PEGALINU
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., MPd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Nur Fajrie.. S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan, media pembelajaran, literasi, numerasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 19:52 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 19:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17292 |
Actions (login required)
View Item |