ROCHIANA, RINA (2022) Pengembangan media interaktif menulis puisi (mesi) berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan keterampilan menulis puisi di kelas v Sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (632kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (320kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (435kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis desain, kelayakan, serta keefektifan media pembelajaran berupa Media Interaktif Menulis Puisi (Mesi) Berbasis Kearifan Lokal untuk Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi di Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara. Metode penelitian menggunakan Research and Development diadopsi dari Borg dan Gall (Sugiyono, 2016) dengan tiga tahapan yang disederhanakan yaitu pendahuluan, pengembangan, dan uji efektivitas. Teknik pengambilan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Keefektifan bahan ajar diperoleh dari skor pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini dilakukan pada saat uji validitas, data dihimpun dari penilaian kuesioner. Nilai kelayakan dengan nilai minimal dengan kategori “cukup valid/layak”. Efektivitas media dianalisis dengan uji t beda sampel pada kelas eksperimen dan kontrol. Apabila terdapat perbedaan signifikan berarti media dikatakan efektif. Berdasarkan hasil uji validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa Media Interaktif Menulis Puisi (Mesi) Berbasis Kearifan Lokal dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan. Hal ini diketahui dari skor validasi ahli materi sebesar 89,1% dan ahli media sebesar 89,1%. Pada uji efektivitas media, diketahui skor keterampilan menulis puisi siswa kelompok eksperimen (85,7) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (71.47). Hasil uji beda menunjukkan secara signifikan keterampilan menulis puisi kelompok eksperimen berbeda dengan kelompok kontrol (p=0,000). Siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan menggunakan Media Interaktif Menulis Puisi (Mesi) Berbasis Kearifan Lokal. Hal ini terlihat dari skor minat siswa sebesar 81,1% atau termasuk pada kategori minat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut cukup efektif dalam menumbuhkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | multimedia interaktif, kearifan lokal, menulis puisi, sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 20:10 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 20:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17295 |
Actions (login required)
View Item |