Efektifitas model pembelajaran realistic mathematic education dan discovery learning terhadap Hasil belajar matematik materi perkalian Dan pembagian kelas iii di sekolah dasar

Juwariyah, Siti (2022) Efektifitas model pembelajaran realistic mathematic education dan discovery learning terhadap Hasil belajar matematik materi perkalian Dan pembagian kelas iii di sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuanwpenelitian 1) untukimenjelaskan manakahiyang lebih efektifimodel pembelajaranirealistic mathematic education dan pembelajaran langsungiterhadap hasil belajarimatematika materiiperkalian dan pembagian padaisiswa kelas III di SekolahiDasar. 2) untuk menjelaskan manakahiyang lebih efektifimodel pembelajaran discoveryilearning dan pembelajaran langsungiterhadap hasil belajarimatematika materiiperkalian dan pembagian pada siswa kelas III di SekolahiDasar. 3) untukimenjelaskan manakah yangilebih efektifimodel pembelajaranirealistic mathematic education dan discovery learning terhadap hasilibelajar matematikaimateri perkalian dan pembagian pada siswaikelas III di SekolahiDasar. Jenis penelitian ini quasi experimental menggunakan desain pretest-post-test controlwgroup design. Kelompok eksperimen 1 menggunakanwmodel RME, kelompok eksperimen2 menggunakanwdiscovery learning. Instrumenwpenelitian berupa teswyang terdiri dari pestets dan postest. Lokasi penelitian di SD N Gebang 1, kemudian SD N Gebang 3 dan SD N Gebangarum 1 dan SD N Gebangarum 2. Uji prasyarat uji normalitas, uji homogenistas, UjiwPaired-Samples T-Test. HasilwPenelitian: (1) wModel pembelajaranirealistic mathematic education lebihiefektif dariipada pembelajaranilangsung terhadapihasil belajarimatematika materiiperkalian dan pembagian padaisiswa kelas III di SekolahiDasar, hal ini berdasarkaninilai nilai Thitungisebesar 7,589 > Ttabeli2,01808 dan tarafisignifikansi 0,000i<i0,05. (2) Modelipembelajaran discoveryilearning lebih efektifidari pada pembelajaranilangsung terhadap hasilibelajar matematikaimateri perkalian dan pembagian padaisiswa kelas III di SekolahiDasar, hal ini berdasarkan nilaiiThitung sebesari5,213 > Ttabeli2,01290 danitaraf signifikansi 0,000i<i0,05. (3) Model pembelajaranwrealistic mathematic educationwlebih efektifwdari pada discovery learning terhadapihasil belajarimatematika materi perkalian dan pembagian pada siswaikelas III di SekolahiDasar, hal ini berdasarkan nilaiiThitung sebesari2,671 > Ttabeli2,01537 danitaraf signifikansi 0,011 < 0,05. Saran; dalam meningkatkan hasilibelajar matematika agar guru menggunakanwmodel Model PembelajaranwRealistic MathematicwEducation Dan Discovery Learning karena sudah terbukti dalam penelitian ini. Selain itu guru juga meningkatkan keaktifan anak sehingga pembelajaran tidak hanya terfokus pada guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing :2.Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, DiscoverywLearning, HasilwBelajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:21
Last Modified: 15 Dec 2022 21:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item