Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif dalam meningkatkan Kinerja Sekolah pada SMP Negeri Sub Rayon 03 Kota Semarang

Sukirman, - (2007) Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Individual dengan Pendekatan Kolaboratif dalam meningkatkan Kinerja Sekolah pada SMP Negeri Sub Rayon 03 Kota Semarang. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Submitted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (29kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Submitted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (81kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Submitted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (8kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Submitted Version
Download (64kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (khususnya SMP Negeri Sub Rayon 03 Kota Semarang). Terjadi karena peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar yang terlihat dari hasil-hasil tes, mata pelajaran matematika merupakan pelajaran utama pada ujian nasional. Faktor penyebab di antaranya adalah dalam proses pembelajaran sebagian peserta didik kurang memiliki motivasi belajar atau daya serap rendah. Selain itu terdapat peserta didik yang tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru karena kurang dapat mengelola pembelajaran serta rendahnya kinerja. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pendampingan terhadap guru melalui supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif dalam melaksanakan pengelolaan pengajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai dengan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kinerja guru yang akan berimplikasi pada terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dapat disimpulkan: (1) Supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif memberi pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru matematika SMP pada Sub Rayon 03 Kota Semarang baik komponen perencanaan pembelajaran mapun komponen pelaksanaan pembelajaran, dan (2) peningkatan kinerja guru tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri pada Sub Rayon 03 Kota Semarang. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Supervisi individual dengan pendekatan kolaboratif dapat dilakukan oleh pengawas terhadap guru mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sampai dengan evaluasi hasil belajar, khususnya guru matematika; (2) Saat pelaksanaan pembelajaran guru perlu diarahkan untuk mempersiapkan media dan sumber belajar dengan baik sehingga mudah untuk melaksanakan proses pembelajaran dan daya serap peserta didik menjadi lebih tinggi; (3) Sekolah diharapkan membantu pendanaan dan pembiayaan pembuatan media dan sumber belajar agar kesulitan-kesulitan guru dalam mempersiapkan media dan sumber belajar yang lebih optimal dapat diatasi.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: supervisi, peningkatan, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dan pelatihan guru dan tenaga administrasi sekolah
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tenaga pendidik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 05 Mar 2012 06:55
Last Modified: 05 Mar 2012 06:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item