Pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif anak di tk rembang

ISMAWATI, SRI (2022) Pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif anak di tk rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk menganalisis kebutuhan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami, 2)Merumuskan desain pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami, 3)Menganalisis kelayakan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka Jerami serta 4)Mendeskripsikan keefektifan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka Jerami untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif anak di TK Rembang. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan subyek penelitian anak kelompok B di satuan Gugus PAUD Dahlia. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1)Wawancara dengan pendidik, anak didik dan Kepala TK; 2)Observasi; 3)Angket;4) Validasi 5)Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dengan, n= 10 dan nilai signifikasi 5% dengan r tabel 0,632. Hasil yang diperoleh dinyatakan valid karena r hitung > r tabel, Uji validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata skor 83,75%dan 93,75% berarti termasuk pada kategori sangat layak, sedangkan ahli bahasa memperoleh skor 4 yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan analisis data untuk menguji keefektifan ditunjukkan pada hasil penghitungan N- Gain pada uji lapangan sebagai kelas eksperimen memperoleh hasil post test masing masing 80,67 dan 80,33 sedangkan untuk kelas kontrolnya post test memperoleh hasil 56,00. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bawa “Pengembangan Metode Bercerita Berbantuan Boneka Jerami Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak di TK Rembang” dinyatakan layak dan efetif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Santoso, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Mochamad Widjanarko, M.Si
Kata Kunci: Metode bercerita, Boneka Jerami, Bahasa reseptif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Dec 2022 20:28
Last Modified: 15 Dec 2022 20:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item View Item